Take a fresh look at your lifestyle.

Sekat Tiga Titik, Nekat Mudik Kendaraan di Putar Balik

349

BREBES, smpantura.com – Sedikitnya tiga titik penyekatan bagi kendaraan pemudik disiapkan jajaran Polres Brebes. Tiga titik itu merupakan pintu masuk utama ke Jawa Tengah. Bagi mereka yang nekat mudik, kendaraannya akan di putar balik. Hal itu menyusul kebijakan larangan mudik yang diterapkan pemerintah pada musim Lebaran tahun 2021 ini. 

Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Putri Noer Cholifah mengatakan, wilayahnya memang menjadi pintu masuk utama ke Jawa Jateng, bagi para pemudik dari Jakarta dan beberapa kota besar di Jawa Barat. Untuk itu, jajarannya telah menyiapkan tiga titik penyekatan bagi kendaraan pemudik, baik itu bus, travel, mobil pribadi atau sepeda motor. Tiga titik tersebut berada di jalur pantura, ruas tol dan jalur tengah.

“Ada tiga titik penyekatan yang kami siapkan. Untuk jalur pantura berada di Kecipir, Kecamatan Losari. Kemudian, tol berada di pintu exit tol Pejagan dan di jalur tengah ada di Bojongsari, Kecamatan Losari,” ungkapnya.

Menurut dia, di setiap titik penyekatan itu, saat ini tengah disiapkan posko. Nantinya titik penyekatan di jaga petugas 24 jam penuh. Bagi kendaraan pemudik yang tetap nekat, nantinya akan diputar balik ke daerah asal oleh petugas. “Kita jaga 24 jam di titik penyekatan kendaran pemudik ini. Kalau nekat, kami akan putar balik ke daerah asal,” tandasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, penyekatan kendaraan pemudik itu akan dimulai pada 6 Mei mendatang. Di jalur tengah Bojongsari menjadi salah satu titik penyekatan, karena menjadi jalur tikus bagi kendaraan pemudik yang akan masuk Jateng. Untuk menghindari pemeriksaan di pantura dan tol, biasanya pemudik akan melalui jalur Bojongsari yang menghubungkan langsung dengan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

“Khusus untuk travel, hasil koordinasi dengan Dinas Perhubungan, ketika nekat membawa pemudik akan kami beri sanksi tegas. Kalau travel resmi, izinnya akan kami cabut. Bagi travel gelap, kendaraannya akan kami tahan hingga arus mudik dan balik Lebaran selesai,” pungkasnya.

(T07-red) 

BERITA LAINNYA