Take a fresh look at your lifestyle.

Sebanyak 60 UMKM Ikuti Penyuluhan Keamanan Pangan 

156

PEMALANG – Sebanyak 60 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Pemalang antusias mengikuti penyuluhan keamanan pangan (PKP). Penyuluhan dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) di aulanya belum lama ini.

Kepala Dinkes Erna Nuraini melalui Kabid Pelayanan dan Sumner Daya Kesehatan, Akhmad Syarifudin mengatakan PKP digelar untuk UMKM agar mereka bertambah wawasannya dan memperbaiki serta meningkatkan kualitas produk pangannya.

“PKP untuk menambah wawasan dan pengetahuan keamanan pangan, mereka yang lulus bisa mengurus Pendaftaran Industri Rumah Tangga (PIRT) ke Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP),”kata Syarifudin.

Karena itu sebelum penyuluhan dimulai terlebih dahulu dilakukan test bagi peserta dan untuk mengukur daya serap materi dilakukan tes di akhir penyampaian materi.

Sementara itu kepada peserta penyuluhan Syarifudin menegaskan PKP menyangkut keamanan pangan yang terdiri atas bahan baku, alat, dan kebersihan dalam proses produksi. Menurut dia dapur produksi UMKM harus sehat dimulai dari kebersihan dengan menyediakan tempat sampah tertutup dan menghindari dapur produksi berhadapan dengan pintu masuk toilet.

Di dapur produksi lanjut Syarifudin UMKM juga mesti menyediakan kotak P3K untuk antisipasi apabila terjadi kecelakaan kerja. Kemudian berkaitan dengan produk menurut dia diukur dari penampilan dan tekstur.

Syarif menambahkan ke depan penyelengaraan PKP dikelola oleh UMKM pemohon sertifikat PKP secara berkelompok. Dinkes hanya memasilitasi demgan menyiapkan nara sumber.

(Ali/ red2)

BERITA LAINNYA