Take a fresh look at your lifestyle.

Sebanyak 42 Dai Kamtibmas Dikukuhkan

36

Pemalang.SMpantura.com – Sebanyak 42 Dai Kamtibmas di Kabupaten Pemalang dikukuhkan. Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho mengatakan program Dai Kamtibmas ini untuk menindaklanjuti program 100 hari Kapolri dalam mewujudkan transformasi menuju Polri yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan (Presisi).

Dai Kamtibmas ini direkrut dari ormas islam Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah dan penyuluh agama dari KUA di Kabupaten Pemalang. Pengukuhan berlangsung di Pendopo Kabupaten Pemalang, Selasa (6/4).

Kapolres Pemalang mengatakan Dai Kamtibmas Polres Pemalang dapat memberikan pencerahan pada umat sesuai ajaran Islam yang rahmatan lil alamin. “Selain pesan keagamaan, Dai Kamtibmas juga menyampaikan pesan toleransi dan kerukunan, serta pesan-pesan yang menumbuhkan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat,” ungkap Kapolres Pemalang.

Dalam kesehariannya, Dai Kamtibmas berkerjasama dengan Polri dalam memberikan edukasi pencegahan covid-19 pada masyarakat. “Sebentar lagi kita memasuki bulan suci Ramadan 1442 hijriah, mari kita saling bersinergi dalam menjaga kondusifitas melalui media dakwah, namun dalam pelaksanaannya tetap mengutamakan protokol kesehatan,” imbuh Kapolres.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo berharap, kehadiran Dai Kamtibmas dapat memberikan rasa aman di masyarakat terhadap berbagai ancaman, baik ancaman tindak pidana maupun ancaman dari kelompok-kelompok radikal. “Keberadaan Dai Kamtibmas diharapkan dapat mencegah dan mendeteksi munculnya bibit-bibit radikalisme di masyarakat, sehingga paham radikal tidak dapat berkembang dengan leluasa,” kata Bupati.

Bupati minta agar Dai Kamtibmas menyampaikan bahwa semua agama mengajarkan kebaikan, toleransi, saling menghargai dan mengutuk segala bentuk tindak kejahatan, termasuk tindak kejahatan terorisme yang belakangan ini marak terjadi di berbagai daerah di Indonesia.(P11-red)

BERITA LAINNYA