Take a fresh look at your lifestyle.

SDN Brebes 01 Deklarasikan Sekolah Tanpa Sampah Plastik

145

BREBES – Para siswa dan guru di SDN Brebes 01 mendeklarasikan sebagai Sekolah Tanpa Sampah Plastik, Senin (23/9). Kegiatan yang digelar halaman sekolah itu dihadiri langsung Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) serta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes.

Penandatangan dipimpin langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Edy Kusmartono, Kabid Pendidikan Dasar Dindikpora diikuti Kepala Sekolah SDN Brebes 01 Riyanto, serta Guru dan disaksikan seluruh Murid SDN Brebes 01.

Kepala SDN Brebes 01 Riyanto mengatakan, deklarasi sebagai sekolah tanpa sampah plastik merupakan realisasi dari peraturan Bupati Brebes nomor 57 Tahun 2019 tentang Pedoman Pengurangan Sampah Plastik Berbasis Masyarakat. Itu bertujuan untuk membatasi penggunaan dan peredaran plastik di Brebes, khususnya di lingkungan SDN Brebes 01. Ini mengingat plastik merupakan bahan yang tidak bisa terurai dan sangat berbahaya bagi keberadaan lingkungan. ” Kami juga mengajak para siswa agar membawa dan menggunakan wadah alternatif yang lebih ramah lingkungan seperti membawa botol minuman, piring plastik atau yang lebih ramah dan sangat aman bagi lingkungan,” ujarnya.

Kepala DLHPS Kabupaten Brebes, Edy Kusmartono mengatakan, kepada seluruh warga SDN Brebes 01 agar meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai, dalam hal ini lebih lanjut Edy menerangkan bahwa dengan di keluarkannya Perbup Nomor 57 Tahun 2019 bukan berarti tidak boleh menggunakan plastik sama sekali, tetapi kita berusaha untuk tidak menggunakan plastik sekali pakai yang mana plastik ini sangat berbahaya bagi lingkungan. “Kita berharap dengan disahkannya Perbup 57 Tahun 2019 dan deklarasi ini kita berusaha untuk tidak menggunakan plastik sekali pakai, kita meminimalisir dengan penggunaan wadah alternative seperti tumbler, piring plastic dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Ia juga mengajak dan mengingatkan agar dalam kehidupan sehari-hari harus menerapkan 3 R yakni (Reuse, Reduce, Recycle) atau Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Sedangkan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat. “Di mulai dari diri sendiri dan di mulai dari sekarang. Kehidupan dengan menggunakan konsep 3 R ini akan menjadi solusi bagi kelestarian lingkungan di Kabupaten Brebes,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA