Take a fresh look at your lifestyle.

SD Karanganyar 01 dan SD Margamulya 02 Terpilih Sebagai Parung Tergiat Pertama

161

SLAWI – Pesta Siaga yang digelar Kwartir Ranting (Kwaran) 11.28.12 Kedungbanteng, Kabupaten Tegal berlangsung lancar dan sukses, Sabtu (15/2). Dalam kegiatan yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Kedungbanteng terpilih sebagai parung tergiat untuk putra dari SD Karanganyar 01 dan kategori putri SD Margamulya 02.

Menurut Ketua Panitia, M Soleh didampingi Wakil Ketua Humas dan Pengadian Masyarakat, Jhon Tarmuji, kemarin, jumlah peserta barung putra dan putri 480, terdiri dari 24 barung putra dan 24 barung putri serta dibuka oleh Ketua Majelis Pembimbing Ranting Kedungbanteng Kak Suwanto. Dari delapan taman penilaian, keluar sebagai barung tergiat putra SD Karanganyar 01, SD Sumingkir 02 dan SD Karanganyar 02. Sedangkan barung tergiat putri, SD Margamulya 02, SD Sumingkir 02 dan SD Karanganyar 01. “Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan penggalangan dana pramuka peduli untuk Nur Aeni yang sedang mengalami sakit,” katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut ada delapan pos kegiatan / warung. Antara lain, pengetahuan tentang pramuka, bumbung kemanusiaan, seni budaya dan permainan tradisional. Pesta siaga diikuti sekitar 480 anak. Mereka berasal dari seluruh SD/MI se-Kwaran Kecamatan Kedungbanteng. Tema kegiatan yaitu Ramah Peduli dan Ceria. Diharapkan dari kegiatan tersebut bisa meningkatkan kesadaran untuk peduli terhadap lingkungan. Dalam kesempatan itu juga akan dilombakan berbagai penampilan seni budaya serta permainan tradisional. “Permainan tradisional yang dilombakan seperti, egrang dan tari kreasi. Upaya ini dalam rangka melestarikan seni tradisi dan permainan tradisional agar tidak punah,” katanya.

Dia menambahkan, pesta siaga selalu dilaksanakan rutin setiap tahun dengan penunjukan tempat secara bergilir. Dari kegiatan ini, peserta yang tampil sebagai juara satu putra maupun putri akan mewakili dalam lomba pesta siaga tingkat Kwarcab Kabupaten Tegal yang digelar pada Maret 2020. (Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA