Take a fresh look at your lifestyle.

Satuan Intelkam Polres Pekalongan Kota Jalin Silaturahmi ke Tokoh

120
  • Upaya Pencegahan Munculnya Paham ISIS

PEKALONGAN – Satuan Intelkam Polres Pekalongan Kota secara kontinue melakukan berbagai upaya dalam menangkal sekaligus mencegah berkembangnya paham radikalisme maupun paham-paham lainnya yang bisa mengganggu kondusivitas wilayah dan membahayakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Termasuk, menangkal muncul dan berkembangnya gerakan pro Islamic State In Irak and Syria (ISIS) di wilayah hukum Polres Pekalongan Kota.

Upaya yang dilakukan, antara lain dengan bersilaturahmi ke sejumlah tokoh maupun melakukan penggalangan, pembinaan, imbauan, dan penyuluhan ke berbagai elemen masyarakat di Kota Pekalongan. Baru-baru ini, anggota Satuan Intelkam Polres Pekalongan Kota, melakukan penggalangan sekaligus bersilaturahmi dengan salah satu tokoh.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez, melalui Kasat Intelkam AKP Mohammad Bisri menjelaskan, pihaknya intens turun langsung ke berbagai kalangan masyarakat, seperti tokoh agama maupun tokoh masyarakat. “Berbagai upaya kami lakukan dalam mencegah paham radikalisme termasuk pula mencegah gerakan pro ISIS, dalam bentuk penyuluhan dan imbauan ke kelompok masyarakat maupun individu lainnya,” terang AKP Mohammad Bisri, tadi siang.

Menurutnya, baik paham radikalisme maupun paham ISIS sangat berbahaya karena dapat mengancam keutuhan NKRI dan mengubah ideologi Pancasila karena paham tersebut memiliki ideologi (ide atau gagasan), yang ingin melakukan perubahan pada sistem sosial dan politik dengan menggunakan cara-cara kekerasan. Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya terus berperan aktif dalam melaksanakan deteksi dini serta menggali informasi di masyarakat terkait segala hal yang bisa menimbulkan gangguan kamtibmas maupun kondusivitas wilayah.

“Kami mengimbau kepada masyarakat apabila mengetahui gerak-gerik seseorang atau kelompok yang mencurigakan segera menghubungi kantor polisi terdekat,” tegasnya. Pihaknya berharap, sekaligus mengajak warga masyarakat agar dapat saling membantu dalam pencegahan paham radikalisme, anti Pancasila, pro gerakan ISIS, dan agar masyarakat selalu waspada terhadap lingkungan di sekitarnya, sehingga tercipta situasi dam kondisi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Pekalongan Kota khususnya. (Kuswandi/Red9).

BERITA LAINNYA