Take a fresh look at your lifestyle.

Satlantas Dilengkapi 18 Kamera Kopek

Tindak Pelanggaran Berpotensi Laka Lantas

110

SLAWI,smpantura.com – Sejak peluncuran tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) pada 23 Maret 2021, Satuan Lalu Lintas Polres Tegal telah menindak sejumlah pengendara yang melanggar lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Tegal AKP Dwi Himawan Chandra mengatakan, penidakan dilakukan pada pengedara yang melakukan pelanggaran kasat mata yang berpotensi memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. “Diprioritaskan pelanggaran kasat mata yang berpotensi memicu terjadinya laka lantas . Seperti berboncengan tiga, over dimensi (ODOL), melanggar lalu lintas dan tidak pakai helm,”terang Himawan, Kamis (8/4).

Terkait penerapan tilang elekronik di Kabupaten Tegal, Himawan menyebutkan, Polres Tegal telah memasang kamera pemantau di tiga titik sekitar patung obor Slawi. “Kamera memantau dari arah Polres ke patung obor, dari arah alun-alun ke patung obor dan dari Jatibarang/Selapura ke patung obor,”jelasnya.

Selain melalui kamera pemantau yang tersambung di ruang operator Polres Tegal, Satlantas juga dilengkapi dengan 18 kamera portable penindakan pelanggaran kendaraan bermotor (Kopek). Kamera-kamera tersebut dipasang di helm anggota Satlantas, yang melakukan giat opsnal.

“Kami akan tegas, petugas yang menjumpai pelanggaran bisa langsung merekam pelanggaran yang dilakukan pengendara. Itu langsung diproses di ruang operator. Selanjutnya, surat teguran akan dikirim ke alamat pelanggar,”tuturnnya.

Himawan menyebutkan, edukasi tentang pentingnya keselamatan lalu lintas terus disampaikan kepada masyarakat. Hal itu pula yang akan ditekankan pada saat dilaksankaan Operasi Keselamatan yang akan dimulai tanggal 12-26 April 2021.

Dalam Operasi Keselamatan tersebut, Satlantas juga menyampaikan edukasi dan imbauan tentang pelaksaan protokol kesehatan dan larangan mudik. (T04-Red)

BERITA LAINNYA