Take a fresh look at your lifestyle.

Sah! Odong-odong Bermesin Tak Boleh Beroperasi di Jalanan Kota Tegal

126

TEGAL, smpantura.com – Odong-odong bermesin motor maupun mobil tak lagi bisa mengaspal di jalanan Kota Tegal. Pasalnya, modifikasi odong-odong tidak sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Hal tersebut terungkap, setelah jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Tegal Kota, Dinas Perhubungan Kota Tegal dan pemilik atau pengemudi odong-odong menggelar audiensi di Mapolres Tegal Kota, Kamis (1/4/) siang.

Kasat Lantas Polres Tegal Kota, AKP Nur Aini Rosyida mengatakan, larangan tersebut disesuaikan dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dimana odong-odong modifikasi mesin, termasuk dalam kategori kendaraan bermotor yang tidak memenuhi teknis untuk laik jalan.

“Kita beri kebijakan untuk mengganti dari mesin ke manual atau gowes (ontel) selama satu bulan ini. Nantinya, tepat 1 Mei 2021 sudah tidak ada lagi odong-odong mesin yang beroperasi,” tegasnya.

Para pemilik maupun pengemudi odong-odong pun menyatakan siap untuk mematuhi keputusan tersebut. Mereka juga hanya diperbolehkan beroperasi di kawasan Jalan Pancasila dan Alun-alun saja.

Sementara, Kasi Lalu Lintas dan Keselamatan, Dinas Perhubungan Kota Tegal, Teguh Prihatmo mengatakan, odong-odong secara teknis tidak memenuhi untuk mengangkut penumpang.

Tak hanya membahayakan penumpang dan pengemudinya, juga membayakan pengguna jalan lain. Oleh karenanya, Dishub tertentu tidak mengizinkan operasional odong-odong berbasis motor atau mobil karena melanggar aturan.

“Kita coba tawarkan solusi awal odong-odong ontel, seperti di Jalan Pancasila dan Alun-alun karena sudah jadi destinasi wisata nanti bisa kita usahakan,” katanya. (T03-red)

BERITA LAINNYA