Take a fresh look at your lifestyle.

Safety Riding for Police, Polisi Diuji Melintasi Papan Keseimbangan

135

SLAWI- Dalam rangka HUT ke-64 Lalu Lintas Bhayangkara , yang jatuh pada tanggal 22 September 2019, Polres Tegal menggelar Safety Riding For Police, Kamis (19/9).

Kegiatan yang menghadirkan pelatih dari Honda dan trainer atlet freestyle dari Loenpia Xtreme Semarang, Meta Atmajaya ini, diikuti 120 personel Polres Tegal dari seluruh satuan dan Polsek jajaran.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kasat Lantas Polres Tegal, AKP Muhammad Adiel Aristo. Bertempat di Ruang Praja Gupta, personel Polres Tegal dan Babinkamtibmas yang sehari-hari menggunakan sepeda motor dalam bertugas, mendapat materi safety riding dari pelatih Astra Honda Motor.

Setelah mendapatkan teori berkendara, personel Polres Tegal diajak mempraktekkan cara berkendara yang baik dan benar, saat mengendarai sepeda motor bebek matic maupun trail/KLX. Praktek dilaksanakan di halaman Polres Tegal menjadi perhatian warga yang datang ke Mapolres Tegal hari itu.

Satu per satu personel termasuk Polwan menjajal kemampuan berkendaranya. Mereka ditantang melintasi narrow plank atau papan keseimbangan.

Poin penilaian diberikan kepada yang peserta harus menjaga keseimbangan tanpa berhenti atau menurunkan kaki pada saat melintas di atas papan keseimbangan yang telah disiapkan tanpa terjatuh atau keluar jalur.

Meski sudah mahir berkendara roda dua, sejumlah personel tak langsung berhasil melintasi papan besi ini.
Selain melewati papan keseimbangan, peserta juga mengikuti slalom test dengan sepeda motor. keterampilan berkendara yang mencakup pengereman, pengendalian kestabilan, pengoperasian sepeda motor diuji dan dinilai oleh tim Astra Honda Motor.

Berhasil meraih nilai tertinggi pada uji keselamatan berkendara bagi polisi yakni Kasi Propam Iptu Warjiyana, Bripka Maksudi dan Bripda Rizal Mantovani (anggota Satlantas) dan untuk Polwan diraih Bripda Novita Tri H. Keempat personel mendapat hadiah berupa piala, uang pembinaan dan helm.

Kasat Lantas Polres Tegal, AKP M Adiel Aristo menyampaikan, kegiatan Safety Riding for Police ini sebagai bentuk perhatian Kapolres Tegal, AKBP Dwi Agus Prianto terhadap personel Polres Tegal dan Polsek jajaran.

“Kita tahu, polisi mendatangi TKP, menjalankan quick response menggunakan sepeda motor. Motor, alat transportasi yang sangat riskan dan berisiko, sehingga Kapolres mengundang trainer dari Honda dan trail untuk melatih keselamatan berkendara bagi personel termasuk Polwan,”jelas Aristo. (Sari/Red 6)

BERITA LAINNYA