Take a fresh look at your lifestyle.

Saber Pungli Tak Segan OTT Camat dan Lurah

154

TEGAL-Seluruh pejabat di lingkungan Pemkot Tegal termasuk Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, dan Lurah diminta bekerja amanah jangan sampai melakukan pungutan liar kepada masyarakat.

Hal itu ditegaskan Kepala Inspektorat WR. Praptomo saat membacakan sambutan Wali Kota Dedy Yon Supriyono dalam rapat koordinasi Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Tegal, di Pendapa Ki Gede Sebayu, Rabu (24/7).

Dalam rakor tersebut, ia mengingatkan pejabat agar selalu berhati – hati dalam melaksanakan tugas serta melakukan evaluasi hasil pekerjaannya.

“Karena tim Saber Pungli sudah terbentuk dan dalam menjalankan tugasnya akan melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT). Sebab pelaku pungli dapat merusak tatanan pemerintahan,  keluarga dan karir,’’ kata dia.

Dedy Yon berharap dengan adanya sosialisasi tersebut dapat diketahui apa yang boleh dan tidak boleh dikerjakan terkait dengan pungli dan berkomitmen bersama untuk mewujudkan tidak ada lagi pungli di Kota Tegal.

‘’Kehadiran pemerintah sebagai public service. Dituntut untuk  mengakselerasi pencapaian tujuan pelayanan publik.  mewujudkan batasan dan hubungan yang jelas tentang hak, tanggung jawab kewajiban dan kewenangan, mewujudkan sistem pelayanan publik yang layak sesuai asas umum pemerintahan,’’ paparnya.

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah juga memberikan pengarahan, dimana Inspektorat bisa menjadi role model bagi OPD di Pemkot Tegal. Ia juga berharap Tim gabungan Satgas Saber Pungli bisa bekerja maksimal.

‘’Inspektorat bisa menjadi contoh dalam menindak pungli. Serta beberapa pokja seperti tim pencegahan harus lebih maksimal, tim intelegen harus betul-betul melidik informasi yang masuk, laporan masyarakat harus ditindaklanjuti dan dilaporkan,’’ pungkasnya.

Ketua Pelaksana Satuan Tugas Saber Pungli Kompol Davis Busin Siswara, SIK menyampaikan bahwa dengan adanya arahan dari Kajari dan Kapolres Tegal Kota Tim Saber Pungli Kota Tegal akan mengoptimalkan kinerja tim.

‘’Ke depan kita akan mengoptimalkan sesuai apa yang telah diarahkan, terutama mengoptimalkan pencegahan dan sosialisasi. Bisa kita akan datang ke instansi –instasi yang berhubungan langsung dengan layanan publik. Dan, terus melakukan sosialisasi yang masif,’’ pungkasnya.

(Setiadi/ red38)

BERITA LAINNYA