Take a fresh look at your lifestyle.

Rusunawa dan GOR Tegal Selatan Dilaunching Untuk Isolasi Mandiri

99

 

TEGAL – Sebanyak 120 tempat tidur disiapkan Pemerintah Kota Tegal untuk pasien orang tanpa gejala (OTG) yang memerlukan perawatan isolasi mandiri. Hal ini terungkap saat Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono melaunching Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Tegalsari dan GOR Tegal Selatan untuk isolasi mandiri, Senin (23/11).

Dalam sambutannya, Dedy Yon mengatakan, tempat isolasi mandiri (isoman) di Rusunawa dan GOR Tegal Selatan disiapkan apabila rumah sakit sudah mengalami kelebihan kapasitas. Mengingat, saat ini jumlah kasus Covid di Kota Tegal dan sekitarnya terus mengalami tren kenaikan yang signifikan.

Dedy mengklaim, kenaikan yang juga terjadi merata di seluruh penjuru daerah di Indonesia disebabkan karena minimnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Dirinya berharap, paradigma masyarakat terhadap Covid dapat diubah.

“Bukan kami saja yang bertanggung jawab. Tetapi ini tanggung jawab kita bersama. Dengan adanya fasilitas isolasi mandiri ini, saya berharap penanganan Covid di Kota Tegal dapat lebih cepat. Karena tak dipungkiri banyak muncul kasus OTG yang mengharuskan pasien menjalani isoman,” pungkasnya.

Ditambahkan, dalam menekan kasus Covid, Dedy mengaku telah mengambil beberapa langkah tegas. Seperti diantaranya mengurangi kegiatan yang menyasar masyarakat banyak hingga meniadakan agenda besar, seperti pengajian kolosal, peringatan Maulid Nabi dan Haul Almarhum Gusdur.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati mengatakan, disediakannya tempat isoman dilakukan untuk memutuskan mata rantai khususnya kepada masyarakat yang tidak memiliki fasilitas untuk melakukan isolasi mandiri.

Menurut dia, bagi pasien terkonfirmasi positif tanpa gejala maupun dengan gejala ringan yang berasal dari Kota Tegal, dapat memanfaatkan Rusunawa dan GOR. Adapun jumlah kamar di Rusunawa mencapai 64 bed dan di GOR Tegal Selatan mencapai 60 bed.

“Pada dua tempat itu, kita lengkapi dengan dengan layanan medis, kebutuhan makan minum dan konsultasi kesehatan. Kita siapkan dokter, perawat dan TNI Polri untuk pengamanan,” tukasnya.

Ditambahkan, jumlah terkonfirmasi positif Covid di Kota Tegal pada Senin (23/11) per pukul 10.00 WIB telah mencapai 1.043 kasus. Dengan rincian, 37 pasien dirawat, 238 pasien menjalani isolasi mandiri, 719 pasien berhasil sembuh dan 49 pasien meninggal dunia. (*)

BERITA LAINNYA