Take a fresh look at your lifestyle.

Rusak Parah, Warga Grinting Swadaya Perbaiki Jalan Desa

80

BREBES – Kondisi jalan di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, kini rusak parah. Keadaan itu membuat warga prihatin, karena rusaknya jalan desa kerap menjadi pemicu kecelakaan. Warga dengan didukung salah satu anggota DPRD Kabupaten Brebes, kemarin, melakukan perbaikan kerusakan jalan di wilayahnya tersebut.

Kondisi jalan di desa itu mengalami kerusakan cukup parah. Selain berlubang, keadaannya juga digenangi air. Sehingga membahayakan pengguna jalan yang melintas. Perbaikan jalan dilakukan dengan menutup lubang menggunakan cor beton. Sekretaris Desa Grinting, Trima mengatakan, warga di desanya merasa prihatin dengan kerusakan jalan tersebut. Sehingga warga tergerak untuk melakukan perbaikan secara swadaya. “Kita perbaiki secara gotong royong. Alhamdulilah, kami juga mendapat dukungan dari salah seorang anggota DPRD. Kalau tidak segera diperbaiki, kami khawatir malah menjadi pemicu kecelakaan,” ungkapnya.

Anggota DPRD Kabupaten Brebes, Wamadiharjo mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah yang ditempuh warga tersebut. Mereka secara swadaya mau memperbaiki jalan di wilayahnya yang rusak parah. Upaya itu juga bisa meringankan pemerintah daerah, dalam upaya pemeliharaan jalan. Lebih penting lagi, upaya itu bisa memperlancar aktivitas warga, sehingga roda perekonomian desa bisa tetap tumbuh meski di tengah pandemi Covid-19. “Langkah warga Desa Grinting ini, mungkin bisa di contoh warga desa lain di Brebes. Dalam artian, tanpa harus menunggu pemerintah, warga juga peduli terhadap perbaikan jalan di lingkungannya,” pungkas dia. (*)

BERITA LAINNYA