Take a fresh look at your lifestyle.

Rumah Janda Sebatang Kara Ludes Terbakar

209

BUMIJAWA-  Rumah semi permanen milik  Faridah (75) yang berada di RT 5 RW 3 Dukuh Ringin, Desa Bumijawa , Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, ludes dilalap api pada Sabtu (9/5) pukul 19.15.

Kebakaran bermula, saat Faridah memasak air untuk belak sahur dengan menggunakan tungku perapian pada pukul 18.30. Setelah menyalakan api tungku dan meletakan panci yang berisi air diatas tungku, janda berusia lanjut yang tinggal sebatang kara itu, duduk di ruang tamu rumahnya.

Sekitar pukul 19.00, Faridah melihat api di tungku dapur sudah merembet ke dinding dapur rumah yang berbahan kayu. Dengan cepat api semakin besar.

Melihat api terus merembet, sontak dia berteriak minta tolong. Teriakannya didengar tetangganya  Mufroni (48). Tetangga sebelah rumah itu segera berusaha memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya sambil berteriak minta tolong.

Sementara itu, dua tetangga lainnya Syahrul Shiami (20) dan Abdilah Mubarok (21) berusaha menyelamatkan Faridah, yang hampir terjebak api. Keduanya ikut membantu memadamkan api agar tidak merembet ke rumah sebelahnya.

Sementara itu, warga lainnya berinisiatif memanggil petugas pemadam kebakaran melalui telepon. Tiga puluh menit kemudian, satu unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Namun, rumah semi permanen milik Faridah sudah habis terbakar.

Petugas pemadam kebakaran langsung melakukan penyemprotan pada api yang masih menyala, dan melakukan pendinginan lokasi serta memastikan tidak ada api atau bara yang masih menyala.

Relawan PMI Kabupaten Tegal, Abdul Kholik mengatakan, dengan kejadian tersebut,  Faridah dievakuasi di rumah keluarganya .

“Korban mengungsi ke rumah Tobiin yang masih keluarganya di RT 1 RW 1 Desa Sumbaga, Kecamatan Bumijawa,”jelas Kholik.

Selanjutnya, Tim Sibat Bumijawa bersama TRC Puskesmas Bumijawa, Polsek, Koramil dan staf Kecamatan Bumijawa melakukan assessmen.

Menurut Kholik, kebutuhan mendesak yang diperlukan korban selain tempat tinggal juga sembako dan pakaian. (Sari/Red-06)

BERITA LAINNYA