Take a fresh look at your lifestyle.

Ruang Isolasi di Kardinah dan RSI Harapan Anda Ditambah

129

TEGAL – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah akan mengupayakan penambahan ruang isolasi untuk penanganan pasien Covid-19. Hal itu dikatakan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Kota Tegal, Drs Johardi, Rabu (25/3) siang.

“Untuk Kardinah, yang semula hanya lima ruangan nanti akan diubah menjadi 10. Dimana lima ruang isolasi yang sudah ada, nantinya akan didobel, sehingga mampu untuk digunakan dua pasien,” terang Johardi dalam sambungan telepon SMpantura.com.

Begitu halnya di RSI Harapan Anda, lanjut Johardi, empat ruang isolasi yang telah disediakan bakal disulap menjadi delapan ruangan. Dengan demikian, total ruang isolasi untuk penanganan pasien Covid-19 di Kota Tegal berjumlah 18 tempat.

Namun demikian, pihaknya berharap jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 dapat berkurang. Mengingat saat ini jumlah PDP yang ditangani telah mencapai 22 jiwa. Dengan rincian, 14 orang masih dalam penanganan, tujuh orang telah dipulangkan dan satu meninggal dunia.

“Dari 22 jiwa PDP, tujuh sudah sehat dan dipulangkan. Sedangkan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Tegal ada 12 jiwa,” pungkasnya.

Ditambahkan Johardi, selain 18 ruang isolasi tersebut, upaya lain yang akan dilakukan Pemkot Tegal untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pasien PDP yakni dengan menyiapkan tempat alternatif.

Beberapa ruang alternatif untuk isolasi diantaranya, GOR Tegal Selatan, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (Poltran) Tegal, Kampus Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) dan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) yang baru dibangun.

“GOR Tegal Selatan nanti disiapkan tenda-tenda khusus untuk isolasi. Sedangkan di Poltran dan SUPM memanfaatkan asrama yang ada dan Rusunawa, tentu kamar-kamar yang masih baru dan belum ditempati,” pungkasnya.

Keempat lokasi tersebut, akan digunakan, manakala jumlah pasien PDP di Kota Tegal terus bertambah. Mengingat RSUD Kardinah dan RSI Harapan Anda merupakan rumah sakit yang ditunjuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menangani pasien Covid-19. (Haikal/red10)

BERITA LAINNYA