Take a fresh look at your lifestyle.

RSUD Bumiayu Bangun Gedung Pelayanan Medik Lima Lantai

170
  • Menelan Anggaran Rp 32 Miliar

BUMIAYU– Pembangunan gedung lima lantai untuk pelayanan dan penunjang di RSUD Bumiayu, diresmikan, Kamis (25/7). Peresmian ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Brebes Idza Priyanti, disaksikan pejabat Forkompinda.

Pembangunan gedung yang menelan anggaran Rp 32 miliar tersebut ditarget selesai Desember 2019. Sesuai perencanaan, lantai I gedung tersebut nantinya akan difungsikan untuk Instalasi Gawat Darurat (IGD), lantai II laboratorium, lantai III Ruang Kebidanan, lantai IV Ruang ICU dan HCU. Kemudian lantai V untuk Instalasi Bedah Sentral dengan kapasitas 3 kamar operasi dan 1 ruang recovery.

Bupati Idza Priyanti mengatakan, pembangunan fasilitas medik tersebut menggunakan anggaran pinjaman dari pihak ketiga.”Ini merupakan bentuk komitmen pemkab terhadap layanan kesehatan masyarakat di wilayah selatan,” kata dia.

Dengan dibangunnya fasilitas tersebut, masyarakat bisa mendapatkan layanan kesehatan yang terbaik dan paripurna sehingga tidak perlu merujuk di rumah sakit yang jauh di luar daerah. Adapun untuk alat kesehatan, akan dianggarkan pada tahun 2020 yang bersumber pada DAK, Bantuan Gubernur dan APBD Kabupaten Brebes.”Mohon dukungan dan doa dari masyarakat sehingga pembangunan berjalan lancar dan selesai tepat waktu agar tahun depan sudah bisa difungsikan,” kata bupati.

Direktur RSUD Bumiayu dr Ali Budiarto mengemukakan, gedung pelayanan dan penunjang medik sangat dibutuhkan. Sebab saat ini, masih terdapat pasien yang harus menunggu beberapa hari untuk operasi.”Pembangunan gedung ini untuk menjawab persoalan tersebut. Memperpendek waktu tunggu operasi dan menekan angka rujukan,” ujarnya.

Ditambahkan, kepercayaan masyarakat memeriksakan kesehatannya di RSUD Bumiayu semakin tinggi. Hal ini ditandai dengan jumlah pasien yang terus meningkat. Pasien rawat jalan misalnya, pada tahun 2017 jumlah pasien yang ditangani berjumlah 29.242 orang. Jumlah itu meningkat di tahun 2018 menjadi 35.044 orang.”Kepercayaan ini tentunya harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan. Inilah yang saat ini tengah dilakukan oleh Pemkab dan RSUD Bumiayu,” kata Ali.(Teguh Tribowo/ red38)

BERITA LAINNYA