Take a fresh look at your lifestyle.

RSU Budi Rahayu Kembangkan Layanan Telemedicine

130

PEKALONGAN-Rumah Sakit Umum Budi Rahayu mengembangkan layanan telemedicine atau pelayanan kesehatan jarak jauh menggunakan aplikasi zoom. Telemedicine dikembangkan untuk melayani pasien lama pada masa pandemi corona.

“Pada masa pandemi covid-19, RSU Budi Rahayu berupaya melayani masyarakat, khususnya pasien lama dengan telemedicine. Yakni pelayanan kesehatan jarak jauh menggunakan aplikasi zoom,” terang Humas RSU Budi Rahayu Ign Harya Sumarta, Kamis (25/6).

Dijelaskan Harya, dengan adanya layanan telemedicine, pasien tidak perlu datang ke rumah sakit. Tetapi pasien tetap tinggal di rumah. Sementara dokter RSU Budi Rahayu akan melayani pasien melalui aplikasi zoom.

“Misalnya, pasien stroke mau datang ke rumah sakit susah, bisa mendapat pelayanan melalui aplikasi zoom. Pasien didaftarkan dulu lewat nomer whatsapp. Setelah itu akan ditindaklanjuti kapan pasien bisa konsultasi dan mendapatkan pelayanan. Jika perlu obat, obat akan dikirim ke rumah,” paparnya.

Lebih lanjut Harya menjelaskan, apabila pasien memerlukan penanganan penunjang atau pemeriksaan laboratorium, petugas rumah sakit akan datang ke rumah untuk mengambil darah. “Untuk pemeriksaan radiologi, pasien dapat dijemput oleh petugas rumah sakit,” tambahnya.

Ditambahkan dia, RSU Budi Rahayu bukan rumah sakit rujukan Covid-19. Meski demikian, semua kegiatan rumah sakit mengacu pada pencegahan penyebaran Covid-19. “Setiap pengunjung yang datang ke rumah sakit, menggunakan masker. Sampai rumah sakit, pengunjung diwajibkan mencuci tangan dengan sabun dan dilakukan pengecekan suhu menggunakan thermo gun. (K30)

BERITA LAINNYA