Take a fresh look at your lifestyle.

RS Ashari Bangun Ruang Isolasi Pasien Positif Korona

146

PEMALANG – RS Ashari Pemalang membangun ruang isolasi untuk pasien yang positif terpapar virus covid-19. Direktur RS Ashari Sunardo Budi Santoso menjelaskan saat ini RS Ashari belum merawat pasien positif korona, hanya pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP).

“Kami hanya merawat PDP di ruang isolasi sementara, selama ini memang belum digunakan untuk merawat pasien positif covid-19 namun demikian kami sudah menyiapkan ruang isolasi untuk pasien yang positif,”kata Sunardo saat menerima kunjungan Bupati Pemalang Junaedi,Sabtu (28/3) kemarin.

Saat ini kata dia RS Ashari menangani masyarakat umum dan masyarakat yang sudah terpapar Covid-19. Pasien yang masuk dibagi dua kemudian diasesment. Kalau mandiri, diperiksa fisik, lalu uji laboratorium dan torak kemudian kalau hasilnya negatif maka masuk ODP, boleh pulang untuk isolasi mandiri 14 hari.

“Kalau hasil laboratorium positif dan torak juga ada kelainan maka pasien masuk ruang transit Nuri karena ruang isolasi standar belum jadi,selanjutnya pasien masuk kategori PDP untuk dilakukan uji Swap dan bila hasilnya positif maka dirawat sesuai standar covid-19,”jelasnya.

Hingga Sabtu kemarin ODP yang dirawat di RS Ashari sebanyak sembilan orang 9 kemudian PDP sebanyak dua orang dirawat di ruang isolasi sementara. Untuk merawat mereka dokter dan tenaga medis lain sudah dilengkapi baju kerja APD.

Sementara itu Bupati Junaedi saat mengunjungi RS Ashari mengatakan optimistis ruang isolasi bisa cepat selesai.”Kami berharap hari Selasa sudah bisa digunakan,”kata Bupati. Ruang isolasi tersebut rencananya memiliki kapasitas sebanyak enam tempat tidur.

Ruang isolasi ini mempergunakan bangunan gudang farmasi yang ada di komplek rumah sakit. Kemarin sejumlah pekerja masih bekerja memasang pipa-pipa penghisap udara.

Sementara itu data pantauan Covid-19 di di situs Pemalang Tanggap Covid-19 sampai dengan Jumat (27/3) tercatat ada 1.035 ODP, 13 PDP terdiri atas lima dalam pengawasan dan delapan selesai. Adapun pasien positif masih nol.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA