Take a fresh look at your lifestyle.

Rp 48 Miliar untuk Pengembangan SPAM IKK Bumiayu

159

BUMIAYU– Perumda Air Minum Tirta Baribis Kabupaten Brebes akan melaksanakan pengembangan sistem penyediaan air minum (SPAM) di Unit IKK Bumiayu. Proyek ini didanai Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jateng sebesar Rp 48 miliar yang bersumber dari APBN.

Kabag Humas Perumda Tirta Baribis Muflikin, Rabu (26/2), mengatakan, SPAM IKK Bumiayu merupakan kelanjutan dari proyek pembangunan air baku Tuk Uleng.”Proyek Tuk Uleng I dan II sudah selesai. Tahap III ini dilanjutkan dengan pengembangan SPAM IKK Bumiayu,” kata dia.

Menurut Muflikhin, anggaran Rp 48 miliar tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan jaringan pipa distribusi sepanjang 23 kilometer, mulai dari Penggarutan hingga Kalilangkap. Kemudian pembuatan dua unit reservoir di Jalan Lingkar dan Laren. Masing-masing berkapasitas 1.000 meter kubik untuk menampung air baku dari Tuk Uleng.”Saat ini tahapannya masih proses lelang,” katanya.

Proyek tersebut, lanjutnya, bertujuan untuk mengoptimalkan suplai air ke pelanggan. Misalnya saja pelanggan di Desa Dukuhturi dan Bumiayu, akan ada penambahan debit dari 3-4 liter/detik menjadi 5-7 liter/detik.”Dengan penambahan debit air itu, pelanggan bisa menikmati layanan air 24 jam,” ujarnya. Selain itu, juga untuk memperluas cakupan wilayah pelanggan. Saat ini, 4.500 pelanggan IKK Bumiayu terkonsentrasi di Desa Bumiayu, Dukuhturi, Kalierang, Jatisawit dan sebagian Laren.”Jika ini terwujud, masyarakat di wilayah barat kecamatan Bumiayu seperti Desa Pruwatan, Kaliwadas, Kalisumur dan Kalilangkap bisa memasang PDAM,” katanya.

Sebelum pengembangan SPAM IKK Bumiayu ini, sumber air baku Tuk Uleng yang selesai dibangun pada 2018 dan 2019, telah memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Galuhtimur dan Kalijurang, Kecamatan Tonjong. Warga tidak lagi kesusahan mencari air bersih karena sudah teraliri jaringan PDAM.”Total ada 802 sambungan baru di dua desa tersebut,” katanya. Dengan kapasitas produksi air 200 liter/detik, Muflikhin menambahkan, sumber air baku Tuk Uleng bisa menambah jumlah pelanggan hingga 16.000 sambungan rumah (SR) baru.”Potensi ini tersebar di 19 desa di tiga kecamatan yaitu Bumiayu, Tonjong dan Bantarkawung,” ujarnya.(Teguh Tribowo/red38)

 

BERITA LAINNYA