Take a fresh look at your lifestyle.

Rintis Kebun Raya Maribaya, Pemkab Brebes Gandeng Tim Ahli UI

77

BREBES – Pemkab Brebes kini tengah serius menyulap lahan tidur di Maribaya, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, menjadi kebun raya. Bahkan, untuk merintis Kebun Raya Maribaya ini, Pemkab Brebes menggandeng tim Ahli Universitas Indonesia (UI) dan Badan Kerjasama Antar Daerah (BKAD) Kunci Bersama. Bupati Brebes Idza Priyanti bersama tim tersebut meninjau calon lokasi Kebun Raya Maribaya, kemarin.

Idza Priyanti mengatakan, Pemkab Brebes menargetkan, dalam waktu dua tahun ke depan akan mewujudkan Kebun Raya Maribaya. Kebun ini, berada di sebuah kawasan hutan milik Pemkab Brebes, di Dukuh Maribaya, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Aneka ragam tumbuhan yang ada di Indonesia secara perlahan akan ditanam yang dikemas dalam konsep tourisme dan education. “Kami targetkan Kebun Raya Maribaya ini terwujud dalam dua tahun ke depan,” tandasnya.

Menurut Bupati, di lokasi ini, sudah dibangun ladang pengembalaan Sapi Jabres (Jawa Brebes) seluas 100 hektar, dan 4 hektar untuk Unit Pengelolaan Kawasan (UPK). Akan lebih menarik apabila Maribaya dikembangkan sebagai Kebun Raya. Sudah sejak tahun 2016 lalu, Tim Survey Identification & Design (SID) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta telah menyerahkan hasil SID kepada Pemkab Brebes. Ini karena sebelumnya, lebih dari 15 tahun tanah Maribaya bagai lahan tidur yang tidak tersentuh. Maka SID dilakukan guna pemanfaatan lahan seluas 336 hektar milik Pemkab di Dukuh Maribaya Desa Kalinusu, Bumiayu. Tim SID UGM merekomendasikan 100 hektar, untuk Pengembangan Padang Pengembalaan Kabupaten Brebes.

“Sisa 232 hektar sebagai wisata edukasi agro technopark, dan area pertanian terpadu untuk mendukung progam Kedaulatan Pangan. Termasuk, pengembangan Kawasan Kebun Raya Maribaya,” ungkapnya.

Idza menuturkan, kebun raya dipandang sebagai salah satu solusi dalam upaya menangani permasalah lingkungan dan juga kesehatan, hingga pada muaranya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Kita berharap, keinginan masyarakat ini bisa tercapai,” ucapnya.

Dia menambahkan, peran tim ahli dari UI sebagai tim pengkaji. Tim itu telah beberapa kali berhasil membangun kebun raya seperti di Kuningan, Jawa Barat. “Kita lakukan pengkajian bersama, sharing pengetahuan, sejauhmana wilayah Maribaya ini bisa dimanfaatkan sumber daya alamnya. Sehingga bisa menciptakan multi efek tingkat kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (*)

BERITA LAINNYA