Take a fresh look at your lifestyle.

Retribusi Objek Wisata PAI Lampaui Target

169

TEGAL – Pendapatan retribusi Obyek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal pada tahun 2019 melampaui target yang telah ditentukan. Berdasarkan data dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) tercatat dari target tahun 2019 sebesar Rp 1.614.405.000, dalam realisasinya mampu mencapai Rp 1.617.512.250 atau 101 persen.

Menurut Kepala Dinporapar, Cucuk Daryanto, kemarin, keberhasilan capaian retribusi tersebut merupakan hasil kerjasama tim dan sinergitas program Wali Kota Tegal. Yakni, PAI sebagai aset untuk mendongkrak sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) terus didorong dengan berbagai event dan kegiatan. “Hasilnya, ternyata terbukti efektif dalam mengejar target retribusi yang sudah ditentukan sepanjang 2019,” katanya.

Dia mengemukakan, untuk target tahun 2020 retribusi PAI dinaikkan menjadi Rp 1.618.376.000. Meskipun demikian, pihaknya optimistis bisa terealisasi. Sejumlah upaya peningkatan sarana dan prasarana, juga kembali mendapatkan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Bantuan tersebut, bersumber dari pusat untuk optimalisasi sarpras meliputi perluasan area parkir di depan panggung hiburan sebelah barat. Kemudian, pembangunan pagar keliling sebelah barat, perbaikan jalan, revitalisasi pagar keliling sebelah barat. Termasuk, pembuatan toilet umum di wilayah timur PAI serta pembangunan pedistrian.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Abdan Harimurti menambahkan, dalam merealisasikan target retribusi PAI, pihaknya tetap memberlakukan tarif lama yakni Rp 1.300 untuk anak dan RP 2.300 untuk dewasa pada hari biasa. Sedangkan, pada hari libur tarif retribusi naik menjadi Rp 2.300 untuk anak-anak dan Rp 3.300 berlaku untuk dewasa. Tarif tersebut sudah termasuk biaya asuransi di kompleks PAI. (Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA