Take a fresh look at your lifestyle.

Resmikan Pertashop, Warga Karanganyar Angkat Seni Daerah

119

KAJEN– Guna melestarikan kebudayaan dan kesenian daerah, Warga Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan mengangkat seni daerah berupa rebana dan bela diri dalam peresmian Pertashop di desa setempat Jumat (26/6).

“Seni yang ditampilkan pada kesempatan kali adalah seni gendukan dari Jangka Telu dan rebana dari Almukodam,” kata Kades Karanganyar Tirto Hasan Basri.

Ia mengatakan, tampilan seni ini dilakukannya agar warga khususnya anak usia dini mengenal dan melestarikan budaya asli khas lokal daerah. Sehingga tidak punah dan tetap lestari.

“Saya mengajak mari lestarikan budaya dan seni ini yang tidak kalah dengan daerah lain,” ucapnya.

Sementara itu, adanya peresmian Pertashop ini diharapkan mampu membawa perubahan di desa yang bermuara dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, lantaran harganya sama seperti di SPBU.

“Akses bahan bakar minyak (BBM) selama ini cukup jauh. Sehingga dengan adanya hal ini akses masyarakat semakin dekat. Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung program ini,” tandasnya.

Kepala Sub Bagian Perekonomian Kabupaten Pekalongan, Anjar Ardiansyah mengatakan, program ini mengikuti program BBM satu harga. “Program ini awalnya akan diadakan di Silirejo,  tapi ada kendala jadi dialihkan di Desa Karanganyar yang responsif menangkap peluang,” katanya.

Dikatakannya, Pertashop ini bisa mendekatkan diri kepada masyarakat untuk mendapat BBM sesuai dengan harga di SPBU. “Dengan letaknya yang strategis yakni di jalan utama desa saya lihat Perstahop ini bisa berlangsung dan berkembang serta mendukung dalam upaya mendorong perekonomian terutama BUMdesnya diharapkan bisa dikelola oleh desa dan menjadi rujukan. Semoga daerahnya maju dan berkembang,” paparnya.

Sementara itu, Sales Branch Manager 3 Tegal Dimas Aji Kharisma Cakra mengingatkan agar masyarakat menjaga keselamatan diri dan sekitarnya dengan tidak merokok atau menelpon di area Pertashop guna menghindari hal tidak diinginkan.

“Saya hanya mengingatkan aspek keselamatannya. Tidak boleh mengisi BBM di Pertashop ini sambil telpon atau merokok. Hal ini sama seperti di SPBU,” pungkasnya. (Siti Masithoh/red11)

BERITA LAINNYA