Take a fresh look at your lifestyle.

Razia ODOL, 153 Kendaraan Barang Ditilang

143

BREBES – Unit Pelayanan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Tanjung, Kabupaten Brebes, sejak Januari hingga saat ini telah menjatuhkan sanksi tilang kepada sebanyak 153 kendaraan barang. Sanksi tegas itu diberikan lantaran kendaraan barang tersebut telah diketahui melanggar, saat dilakukan razia Overdemensi dan Overload (ODOL)

Kordinator Satuan Pelayanan UPPKB Tanjung, Lilik Hartanto mengatakan, sebanyak 153 kendaraan yang ditilang tersebut merupakan hasil kegiatan yang dilaksanakannya mulai daru Januari hingga pertengahan bulan ini. Pada Januari lalu, ada sebanyak 122 kendaraan yang ditilang karena muatannya melebihi tonase dan pelanggaran lainnya. “Kalau di Februari ini ada sebanyak 31 kendaraan yang kami tindak. Jumlah ini kita peroleh selama kegiatan pada 4 Februari ada 16 kendaraan dan hari ini, (kemarin-red) 16 kendaraan ” ujarnya, Rabu (12/2), disela-sela kegiatannya Operasi Overdimensi Overload (ODOL)

Menurut dia, kegiatan itu bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang disebabkan kendaraan menyalahi aturan ODOL. Selain itu, kegiatan juga untuk menjaga sarana dan prasarana jalan raya agar terjaga, sehingga tidak cepat rusak. “Setiap angkutan kan sudah memiliki aturannya. Jadi, jika melebihi muata ya kita lakukan penindakan,” tandasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, operasi ODOL merupakan kegiatan rutin bulanan yang dilaksnaakan setiap tahunnya. Bahkan, tahun lalu dari periode April-Desember 2019 jumlah kendaraan yang ditilang mencapai 1.050 unit. Semuanya karena overload atau overdimensi. “Operasi ini tidak lain untuk menciptakan situasi berkendara yang nyaman dan aman. Sehingga tidak membahayakan bagi pengguna lainnya,” pungkasnya.

(b.setiawan-red2)

BERITA LAINNYA