Take a fresh look at your lifestyle.

Rawan Tertular, Awak Angkutan Dapat Edukasi Pencegahan Covid-19

Bus Akan Disemprot Alkohol

141

SLAWI- Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal bersama Dinas Kesehatan memberikan edukasi tentang pencegahan penyebaran virus Korona atau Covid-19 di Terminal Dukuhsalam, Slawi, Rabu (11/3).

Turut dalam sosialisasi ini para pelaku usaha transpotasi, awak angkutan  supir, kernet , petugas terminal, pedagang , pegawai Dinas Perhubungan dan warga yang melakukan aktivitas sehari-hari di Terminal Dukuhsalam.

Dalam sosialisasi tersebut, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Tegal , Joko Wantoro didampingi Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Eko BP Prabowo menyampaikan tentang apa itu virus Korona, perkembangan kasus saat ini, tata laksana Covid-19, alur pelaporan hingga cara pencegahan penularan Covid-19.

Disampaikan kepada peserta sosialisasi agar tidak panik menyikapi adanya sejumlah warga Indonesia yang dinyatakan positif Korona. Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan cuci tangan dengan sabun dan menjaga kebersihan diri.

Selain itu, menggunakan masker bila batuk dan pilek, mengonsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah.

Kemudian hati-hati kontak dengan hewan, rajin olahraga dan istirahat cukup, jangan mengonsumsi daging yang tidak dimasak. Bila batuk pilek dan sesak napas segera ke fasilitas kesehatan.

Dalam kesempatan itu,  Eko mengimbau kepada awak angkutan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kebersihan kendaraan serta melakukan sterilisasi /menyemprot disinfektan  dalam bus.

“Sterilisasi dengan menyemprotkan disinfektan atau paling sederhana pakai alkohol di dalam kendaraan atau bus serta tempat-tempat atau alat-alat umum yang sering digunakan para penumpang,”terang Eko.

Eko menyebutkan, sampai saat ini, Dinkes sudah melakukan pelacakan terhadap 21 orang warga Kabupaten Tegal,yang baru  tiba dari perjalanan ke luar negeri maupun negara endemis Covid-19.

“Ada yang dari Malaysia dalam rangka studi banding perkuliahan sebanyak tujuh orang, ABK/pelaut ada delapan orang, umrah sebanyak empat orang dan melancong/wisaa sebanyak dua orang,”sebutnya.

Kepala Dinas Perhubungan , Akhmad Uwes Qoroni melalui Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Terminal, Sumiyati mengatakan, sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 diselenggarakan sebagai upaya antisipasi penyebaran virus Korona di Terminal Dukuh salam maupun teminal lainnya.

“Hal ini karena pelaku usaha di terminal rentan tertular Korona,”sebutnya.

Terkait dengan imbauan sterilisasi di dalam bus, Kepala Seksi Angkutan dan Terminal, Subuh Sumaryono menyebutkan, rencananya bis akan disemprot alkohol 70 persen setelah selesai penurunan penumpang di terminal, sehingga saat pemberangkatan, bus  sudah dalam kondisi steril.

Sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 sebelumnya oleh Dinkes juga diberikan kepada karyawan pabrik teh PT Gunung Slamat, PT Dua Tang, SLB Manunggal dan para pelaku usaha di UPTD Guci. (Sari/Red-06)

 

BERITA LAINNYA