Take a fresh look at your lifestyle.

Ratusan Siswa MTs N 2 Brebes Ikuti PAT Online

- Alternatif Ujian Ditengah Pendemi Covid-19

142

BREBES – Ratusan siswa MTs Negeri 2 Brebes, kini tengah melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT), Tahun Pelajaran 2019/2020. Kegiatan yang dimulai sejak 3-10 Juni nanti, dilaksanakan melalui sistem online, sebagai alternatif ujian siswa ditengah pendemi virus korona (Covid-19).

Meski di masa tanggap darurat Covid-19, tidak memutuskan semangat untuk berinovasi dan berkreasi dalam implementasi pembelajaran dengan menerapkan protokol kesehatan melalui belajar di rumah, sebagai tindak lanjut dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Platform yang digunakan dalam PAT online tersebut adalah googleform. Platform ini bisa diakses siswa melalui Handphone, Laptop dan komputer (PC) dari rumah. Dalam prosesnya, Siswa mendapatkan link soal dari wali kelas masing-masin, dan wali kelas mendapatkan link dari panitia lewat WAG.

Kepala MTs Negeri 2 Brebes Mohammad Suaedi mengatakan, sekolahnya sudah terbiasa dengan pembelajaran daring yang memerlukan koordinasi, pengaturan dan membutuhkan perangkat koneksi Internet. “Di samping itu juga dukungan semua guru dan pegawai terkait serta partisipasi aktif dari siswa dan orang tua,” ujarnya.

Dari laporan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Muhamad Firdaus, kata dia, diketahui antausiasme para siswa mengikuti PAT Online sangat tinggi. Ini ditandai dengan prosentase 100% keikutsertaan semua siswa pada hari pertama. Rinciannya, sebanyak 861 siswa terdiri 403 siswa kelas 7 dan 458 siswa kelas 8. Sedangkan bagi siswa yang tidak punya perangkat HP/PC/Laptop diberi kesempatan menggunakan lab komputer, dan jumlahnya pun sangat sedikit, hanya 0.9,%, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. “Kami berharap semoga sampai dengan hari terakhir tidak ada kendala dan semua siswa bisa mengikuti PAT dengan baik,” pungkasnya.

(setiawan-red2) 

BERITA LAINNYA