Take a fresh look at your lifestyle.

Ratusan PKL Ramaikan Pasar Malam HUT Kemerdekaan RI

142

BREBES – Sedikitnya 200 Pedagang Kaki Lima (PKL) dari berbagai daerah, ikut meramaikan pasar malam dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI, di Kompleks GOR Brebes. Kegiatan pasar malam yang menjadi agenda tahunan itu dibuka dengan ditandai tasyakuran para pedagang, Rabu malam (7/8).

“Untuk pasar malam tahun ini, ikuti 200 PKL lebih. Ini digelar setiap tahun, dalam rangkan memeriahkan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI,” ujar Ketua Panitia Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI Kabupaten Brebes, Sutaryono, usai acara tasyakuran pasar malam di Kompleks GOR Brebes.

Dia mengungkapkan, selain pasar malam, nantinya akan dilaksanakan juga pemeran pembangunan Brebes Expo. Untuk kegiatan itu, panitia telah menyiapkan 150 stand yang lokasinya satu kompleks dengan pasar malam. Tak hanya itu, berbagai hiburan juga disediakan di pasar malam tersebut. Yakni, mulai komedi putar hingga hiburan musik. Bahkan, untuk tahun ini ada yang berbeda karena panita mendatangkan hiburan terbaru berupa Snow Sonder Land atau taman bermain salju.

“Semua ini kami berikan untuk menghibur masyarakat. Di sisi lain, juga sebagai upaya kami dalam mendorong ekonomi kerakyatan, karena yang terlibat dalam pameran ini mayoritan pelaku UMKM,” ungkapnya.

Menurut dia, dalam rangkaian peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019, Pemkab Brebes telah menyiapkan sebanyak seratu jenis kegiatan. Namun dari kegiatan itu yang paling banyak mendapat perhatian adalah pasar malam dan pameran pembangunan Brebes Expo. “Pameran Brebes Expo ini, selain untuk menginformasikan hasil-hasil pembangunan daerah, juga menjadi ajang promusi produk unggulan daerah,” sambungnya.

Sementara Panita Pelaksana Lapangan Pasar Malam HUT ke-57 Kemerdekaan RI, Deden mengatakan, kegiatan itu merupakan agenda tahunan yang digelar di setiap bulan Agustus. Pasar malam tersebut diperkirakan akan menyedot puluhan ribu pengunjung. Data dari peleksanaan tahun 2018 lalu, di pasar malam setiap harinya dikunjungi sebanyak 35.000 orang. Selain itu, di pasar malam tersebut juga terjadi perputaran ekonomi yang luar biasa karena nilainnya mencapai miliaran.

“Bagi masyarakat Brebes, pasar malam ini sudah menjadi tradisi sehingga akan banyak menyedot pengunjug. Kalau saat ini masih terbilang normal, puncak kunjungan warga biasanya terjadi saat pameran Brebes Expos dibuka. Target kami, untuk tahun ini 40.000 pengunjung per hari,” pungkasnya.

(Setiawan/ Red2)

BERITA LAINNYA