Take a fresh look at your lifestyle.

Ratusan Peserta Ikuti Workshop Festival Film Tegal 2019

129

TEGAL – Ratusan peserta yang berasal dari 30 sekolah di seluruh wilayah Kota tegal mengikuti Sosialisasi dan Workshop Pengembangan Ide Cerita Festival Film Tegal 2019, kemarin. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Teater Arena Taman Budaya Kota Tegal (TBT) dan dihadiri Kasi Dinas Pendidikan, Aditya Warman dan Kabid Kebudayaan, Dinar Marwoto Wisanggeni.

Perwakilan Sinema Pantura, Tutuko Ahmad Maulida menyampaikan, sosialisasi Festival Film Tegal 2019 diisi oleh Aji Damargalih selaku Manajer Program Festival. Yakni membahas mengenai tema, pendaftaran, persyaratan – persyaratan yang harus dipenuhi peserta. Sedangkan, workshop pengembangan ide cerita disampaikan oleh Zacky Aulia El Syahiq selaku Sineas Tegal & Sutradara Film Ruang Sunyi. “Acara ini berlangsung secara khidmat dan menyatu serta berjalan dengan lancar karena didukung dengan para sineas pelajar yang ikut aktif dalam sosialisasi dan workshop,” katanya.

Sementara itu, Perwakilan Sinema Pantura, Wicaksono Wisnu Legowo menambahkan, Festival Film Tegal 2019 dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tegal, Pemerintah Kabupaten Tegal bersama Sinema Pantura. Kegiatan digelar mulai 15 November hingga 7 Desember 2019. Festival tersebut merupakan ruang kreasi apresiasi bagi sineas-sineas Tegal, baik pelajar tingkat SMA/SMK, mahasiwa serta masyarakat umum se-Kota dan Kabupaten Tegal. “Tidak hanya itu, nantinya Festival Film Tegal 2019 juga terbuka bagi para penikmat film, khususnya film-film alternatif,” katanya.

Menurut dia, dengan tema Egaliter, pendaftaran Festival Film Tegal 2019 dibuka sejak 8 September hingga 9 November 2019, gratis dan bekersama dengan Suara Merdeka dan SMpantura.com. “Penghargaan yang akan diberikan adalah ide cerita terbaik, film fiksi terbaik kategori pelajar, film fiksi terbaik kategori umum, film dokumenter terbaik, film favorit, film spesial pilihan juri, sutradara terbaik, aktor terbaik, dan aktris terbaik,” katanya.

Wisnu menambahkan, untuk agenda pra festival, yaitu sosialisasi dan workshop pengembangan ide cerita akan dilaksanakan pada 14 September 2019 di Taman Budaya Tegal (TBT). “Semoga dengan adanya Festival Film Tegal 2019 para sineas Tegal semakin giat dalam berkreasi serta berinovasi dan perfilman bisa menjadi salah satu mesin penggerak ekonomi kreatif di wilayah Kota Tegal juga Kabupaten Tegal, sehingga Tegal Raya semakin berdaya,” ujarnya. (Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA