Take a fresh look at your lifestyle.

Ratusan Penderita TBC di Bumiayu Rentan Terkena Covid-19

* Akan Dirapid Test

196

BUMIAYU- Sebanyak 169 penderita Tuberkulosis atau TBC di Kecamatan Bumiayu, Brebes, rawan terinfeksi Covid-19. Mereka akan mendapat pengawasan agar tetap mendapatkan layanan pengobatan sekaligus juga terhindar dari virus corona.

Hal ini disampaikan Kepala BLUD UPTD Puskesmas Bumiayu dr Ali Budiarto dalam Pertemuan Lintas Sektoral Penanganan Pandemi Virus Corona di Aula Kantor Kecamatan Bumiayu, Senin (6/7).”Secara umum setiap orang berpotensi terkena Covid-19. Namun, virus corona ini akan sangat berbahaya apabila menjangkiti beberapa orang dengan riwayat penyakit, salah satunya TBC,” kata Ali.

Pada kegiatan yang dihadiri forum pimpinan kecamatan dan para kades tersebut, Ali memaparkan, ratusan orang penderita TBC itu masing-masing tersebar di wilayah Puskesmas Kaliwadas (Desa Pruwatan, Kaliwadas, Kalilangkap, Kalisumur, Kalinusu dan Pamijen) sebanyak 90 orang dan Puskesmas Bumiayu (Desa Penggarutan, Dukuhturi, Adisana, Kalierang, Jatisawit, Laren, Negaradaha, Langkap dan Bumiayu) sebanyak 79 orang.”Di masa pandemi Covid-19 ini, kita akan melaksanakan pengawasan. Yakni kunjungan ke rumah penderita TBC oleh petugas kesehatan, Babinsa dan Babinkamtibmas,” kata Ali.

Dalam kunjungan rumah nanti, Ali menambahkan, petugas akan melakukan pendataan terkait kesehatan dan kondisi rumah penderita TBC. Lalu pemberian obat-obatan, vitamin C dan masker.”Juga akan dilakukan rapid test sebagai deteksi dini apakah mereka terindikasi terpapar Covid-19 atau tidak,” ujarnya.

Camat Bumiayu Eko Purwanto meminta kepala desa mensukseskan program perlindungan terhadap ODR (Orang Dengan Resiko) khususnya para penderita TBC. Menurutnya, apabila penderita TBC terkena Covid-19, maka akan sangat berisiko fatal pada kondisi kesehatanya.”Program kunjungan rumah ini adalah bagian untuk melindungi mereka. Kita berikan edukasi kepada mereka terkait resiko dan pola hidup bersih dan sehat,” kata camat. (Teguh Tribowo/red38)

BERITA LAINNYA