Take a fresh look at your lifestyle.

Ratusan Kasek SD dan SMP Berlatih Jurnalistik Bersama Suara Merdeka

127

BREBES – Ratusan Kepala Sekolah (Kasek) SD dan SMP di Kabupaten Brebes akan berlatih dan berlajar mengenai jurnalistik bersama Harian Suara Merdeka, Senin (7/10) besok. Kegiatan yang dikemas dalam tajuk Pelatihan Jurnalistik Kepala Sekolah SD dan SMP se Kabupaten Brebes itu, rencananya akan dibuka Bupati Brebes, Idza Priyanti, di Aula SMP Negeri 2 Brebes.

Koordinator Bisnis Suara Merdeka Tegal, Wawan Hudiyanto mengatakan, sedikitnya 960 kasek SD dan SMP negeri maupun swasta akan ambil bagian dalam pelatihan tersebut. Kegiatan itu dilaksanakan atas kerjasama antara Harian Suara Merdeka Perwakilan Tegal dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemkab Brebes. Dimana, Dinas Pendidikan memandang perlu para kasek mengetahui dan memahami ilmu jurnalistik. Sehingga, mereka bisa ikut serta aktif dalam meningkatkan budaya menulis. Di sisi lain, pelatihan tersebut diberikan karena keprihatinan atas banyaknya kasek yang menjadi korban tindakan oknum yang mengatasnamakan jurnalis atau wartawan. “Dengan pelatihan ini, kami harapkan para kesek mengetahui dan memahami dunia jurnalistik, sehingga mereka bisa ikut meningkatkan budaya menulis, khususnya di lingkungan sekolah. Tak hanya itu, dalam momentum ini, kami juga ingin mensosialisaaikan rubrik suara guru di Suara Merdeka Suara Pantura. Rubrik baru ini kami berikan untuk membantu guru dalam penulisan karya artikel populer sebagai syarat sertifikasi,” ujarnya, Jumat (4/10).

Menurut dia, kegiatan pelatihan tersebut nantinya akan dilaksanakan di lima titik, yang tersebar di wilayah Brebes. Satu titik kegiatan akan diikut sekitar 200 peserta. Titik pertama, dilaksanakan di Kecamatan Brebes dan rencananya akan dibuka Bupati Brebes Idza Priyanti. Kemudian, titik kedua di Kecamatan Bulakamba, ketiga dan keempat di Kecamatan Bumiayu. Sedangkan titik terakhir di Kecamatan Kersana. “Untuk narasumber, kami mendatangkan narasumber yang profesional dari Suara Merdeka. Yakni, Kepala Desk Pantura Roni Yuwono, Wartawan Senior Suara Merdeka Wahidin Soedja dan beberapa nara sumber lainnya,” terang dia.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupateb Brebes, Tahroni mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang akan dilaksanakan Harian Suara Merdeka, dan pihaknya memberikan dukungan penuh. Mengingan, ilmu jurnalistik sangat dibutuhkan bagi para kesek dan guru. Selain mereka bisa belajar menulis, ilmu jurnalistik juga dibutuhkan dalam menunjang kinerja mereka, khususnya dalam penulisan karya ilmiah. “Kami berharap pelatihan ini bisa dimanfaarkan sebaik mungkin oleh para kesek,” ujarnya.

(Setiawan-red2)

BERITA LAINNYA