Take a fresh look at your lifestyle.

Ratusan Siswa SD Aksi Sehari Belajar di Luar Sekolah

137

BREBES – Rutusan siswa SD Negeri 1 Brebes melakukan aksi sehari belajar di luar sekolah, kemarib. Aksi itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Anak Internasional dan Outdoor Classroom Day (OCD).

Kepala Sekolah SDN 1 Brebes, Riyanto mengatakan, kegiatan sehari belajar sekolah diikuti seluruh siswa didiknya. Aksi tersebut dilaksanakan sesuai instruksi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes, dan digelar serentak di seluruh sekolah di Kabupaten Brebes, Kamis (7/11). “Seluruh siswa kami ikutkan dalam kegiatan dalam rangka memperingati Hari Anak Internasional dan Outdoor Classroom Day (OCD) ini,” katanya.

Menurut dia, dalam aksi belajar sekolah, anak-anak diajak belajar sambil bermain. Beberapa materi pembelajaran yang diberikan di antaranya, mengenal lingkungan sekolah, membiasakan anak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membiasakan anak menghemat listrik dengan matikan listrik di lingkungan sekolah. Kemudian, berlatih simulasi bencana alam, membaca buku hingga melakukan permainan tradisional. “Semua materi ini dipraktikan langsung anak-anak, sehingga anak bisa memahmi dan terbiasa,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, belajar di luar sekolah dinilai sebagai langkah yang baik, karena mengajak siswa belajar langsung di lingkungan. Di sisi lain, juga menjadikan ank tidak jenuh dalam menerima pembelaharan di sekolah. “Dalam acara ini, anak-anak juga kami ajak mendeklarasikan sekolah ramah anak,” pungkasnya.

(Setiawan-red2)

BERITA LAINNYA