Take a fresh look at your lifestyle.

Raperda PDAM dan BPR Disetujui DPRD

46

TEGAL – Dua rancangan peraturan daerah (Raperda) disetujui menjadi peraturan daerah (Perda) oleh DPRD Kota Tegal, dalam rapat paripurna, Sabtu (26/12) kemarin. Dua Raperda itu yakni tentang PDAM Tirta Bahari dan Perusahaan Perseroan BPR Bahari Kota Tegal.

Juru bicara Pansus X Sisdiono Ahmad, saat membacakan hasil pembahasan mengatakan, pihaknya bersama tim asistensi Pemkot melakukan beberapa perubahan dalam dua Raperda yang telah disetujui menjadi Perda tersebut.

Dalam Raperda tentang BPR, ungkap Sisdiono, telah ditambahkan satu pasal. Sedangkan untuk PDAM menambah 20 pasal, dari 95 pasal, sehingga menjadi 125 pasal. Selain itu, terdapat pula perubahan tentang Permodalam PDAM.

Adapun dari Raperda awal sejumlah Rp 500 Miliar, kemudian disepakati menjadi Rp 250 Miliar. Sementara untuk permodalam BPR, dari rencana awal modal Rp 20 Miliar diubah menjadi Rp 30 Miliar.

“Setelah ditetapkannya Raperda ini menjadi Perda, maka Pemkot harus segera mengurus pergantian nama sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Kami juga mengusulkan PDAM dan BPR untuk segera menyususn rencana bisnis disertai analisa untuk diajukan kepada Pemkot,” tegas Sisdiono.

Sementara, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berusaha keras dalam membahas dua Raperda itu. Sehingga dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

“Sesuai aturan badan usaha milik daerah dan perusahaan daerah diharuskan melakukan perubahan bentuk hukum,” jelasnya.

Sesuai prosedur dan mekanisme sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan, sebelum ditetapkan dua Raperda itu akan dimohonkan registrasi terlebih dahulu kepada Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah. Kemudian ditetapkan dan diundangkan. (*)

BERITA LAINNYA