Take a fresh look at your lifestyle.

Rapat Kerja TP PKK Digelar Secara Daring

PKK Mart Diluncurkan

188

SLAWI- Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal, Sisca Zulistia Sabilillah Ardie didampingi pengurus TP PKK Kabupaten Tegal memimpin rapat kerja di pendapa rumah dinas wakil bupati Tegal,  Rabu (24/6).

Dalam situasi pandemi Covid-19, raker  yang diikuti ketua, sekretaris, ketua pokja I, II, III dan IV TP PKK Kecamatan itu dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeeting.

Dalam sambutannya, Sisca Zulistia menyampaikan, berdasarkan Peraturan Bupati Tegal Nomor 35 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di KabupatenTegal,  setiap  orang yang melakukan aktivitas dan berinteraksi sosial wajib melaksanakan pembatasan interaksi fisik (physical distancing).

“Sehubungan dengan hal tersebut maka kegiatan Rapat Kerja TP PKK Kabupaten Tegal Tahun 2020  diselenggarakan secara online dengan tetap mentaati protokol kesehatan yaitu wajib memakai masker dan jaga jarak minimal 1 meter,”tuturnya.

Pada raker tersebut, Sisca menegaskan, Tim Penggerak PKK harus fokus pada empat isu strategis yakni kemiskinan, penyalahgunaan narkoba, gangguan pertumbuhan anak (stunting) dan pembangunan karakter anak berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 99 Tahun 2019 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan PKK.

“Kemiskinan merupakan sumber dari segala permasalahan sehingga Kader PKK menjadi garda terdepan untuk mengentaskan kemiskinan yang dimulai dari pendataan di lapangan yang valid,”tuturnya.

Sisca juga mengingatkan, pentingnya peran keluarga melakukan proteksi  terhadap anak sebagai generasi penerus bangsa dari bahaya  penyalahgunaan narkoba.

Menurutnya, membangun karakter anak yang unggul tidak bisa instant , namun perlu rutininas dan kontinuitas  yang berkesinambungan dari berbagai pihak. Disamping itu mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk mencegah kekerdilan menjadi bagian pembangunan karakter anak.

Demi menyelesaikan isu-isu strategis tersebut, kader-kader  PKK diharapkan terus hadir melakukan pendampingan kepada masyarakat dengan cara menyukseskan 10 program pokok PKK, salah satunya dengan bergotong royong.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, Sisca berpesan kepada tim penggerak PKK kabupaten maupun kecamatan, untuk menyukseskan program PKK tahun 2020 dengan menyelesaikan isu-isu yang ada.

Tak kalah penting, ikut berperan aktif dalam pencegahan dan percepatan penanganan Covid-19 dengan selalu memberikan keteladanan maupun edukasi kepada masyarakat untuk selalu mentaati protokol kesehatan melalui kedisplinan baru dengan selalu memakai  masker, cuci tangan pakaisabun dengan air mengalir, jaga jarak minimal 1 meter dan menghindari kerumunan.

Selain itu, menggiatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Pada kesempatan itu, TP PKK Kabupaten Tegal sekaligus meluncurkan PKK Mart, yang akan memfasilitasi semua pelaku usaha di Kabupaten Tegal.

Menurut Sisca, PKK Mart dibuat guna meningkatkan perekonomian keluarga dengan tetap produktif dari rumah serta membangkitkan bisnis lokal dengan memanfaatkan media sosial.

Dia juga mengingatkan masyarakat agar menggiatkan gotong royong salah satunya dengan melaksanakan program Jogo Tonggo,sebagai langkah membangun kepedulian masyarakat di  masa pandemi Covid-19.(Sari/Red-06)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BERITA LAINNYA