Take a fresh look at your lifestyle.

Puskesmas Terkendala Anggaran Dalam Penanganan Covid-19

105

BUMIAYU- Puskesmas Bumiayu, Brebes, terus melakukan sosialisasi tentang sosial distancing dan penggunaan masker kepada masyarakat untuk mencegah penularan virus corona. Namun demikian, upaya itu tidak selalu berjalan mulus karena hingga saat ini belum ada kepastian mengenai anggaran maupun barang atau alat pelindung diri (APD).

Kepala BLUD Puskesmas Bumiayu dr Ali Budiarto menyampaikan hal itu di sela penyaluran seribu masker di Jalan Diponegoro Bumiayu, Rabu (8/4).”Kendala yang kita hadapi adalah pemerintah kabupaten atau tim gugus tugas covid-19 belum memberikan anggaran atau barang untuk optimalisasi kegiatan sosialisasi dan penanggulangan covid-19,” kata Ali.

Menurut Ali, kemampuan anggaran BLUD Puskesmas hanya untuk kegiatan promotif dan preventif pada masyarakat. Adapun penyaluran masker kepada masyarakat banyak ditopang oleh donatur dari kalangan pengusaha.”Kami menyampaikan banyak terimakasih  kepada para donatur yang telah berperan aktif membantu mengedukasi masayarakat dan juga membagikan masker dan hand sanitizer,” ujarnya.

Diakui, Puskesmas Bumiayu sudah beberapa kali membagikan masker. Namun itu sifatnya hanya sebagai stimulan agar masyarakat tahu pentingnya menjaga kesehatan. Oleh karenanya, Ali berharap kebutuhan alat pelindung diri baik APD untuk petugas medis dan masker untuk masyarakat dapat segera dipenuhi oleh pemkab. Apalagi sekarang pemerintah pusat sudah mewajibkan penggunaan masker sesuai anjuran WHO.”Saat ini kebutuhan masker sangat mendesak,” ujarnya.(Teguh Tribowo/Red38) 

 

BERITA LAINNYA