Take a fresh look at your lifestyle.

Purnawirawan di Polres Tegal Kota Diarak Jip, Becak dan Sepeda Onthel

180

TEGAL – Pemandangan unik dan menarik disuguhkan jajaran Polres Tegal Kota, saat melepas purnawirawan Polri dan aparatur sipil negara (ASN) yang bekerja di markas kepolisian itu, Rabu (17/7).
Sebanyak 10 purnawirawan Polri dan satu ASN, begitu keluar dari markas kepolisian itu, diarak menggunakan mobil jip, diikuti sejumlah tukang becak dan komunitas sepeda onthel ”Fajar Sehat” Kota Tegal.
”Ini sambutan yang luar biasa. Terimakasih, terimakasih,” ucap salah seorang purnawirawan Polri berpangkat perwira menengah, AKBP (Purn) Jemino, didampingi AKBP (Purn) Moch Sahri.
Purnawirawan Polri yang purna tugas, dan dilepas hari itu adalah, AKPB Jemino, AKBP Moch Sahri, Kompol Edi Prayitno, AKP Karyono SH, AKP Sartono, AKP Subagyo, Ipda Sumardi, Ipda Sutayib, Aiptu Sugiharto dan Bripka Saryono. Kemudian seorang ASN dengan pangkat Juru Tingkat 1 atas nama Toamin.
Konvoi atau arak-arakan purnawirawan polri dan seorang ASN, dimulai dari pintu gerbang Mapolres Tegal Kota, kemudian ke arah selatan menuju Jl Veteran, Jl Jenderal Ahmad Yani, masuk ke Alun-Alun, Jl Pancasila kemudian kembali lagi ke Mapolres Tegal Kota.
Di sepanjang rute yang dilalui, purnawirawan yang dilepas itu mendapat sambutan hangat masyarakat. Terutama saat melintas di depan Pasar Pagi di Jl Jenderal Ahmad Yani dan Alun-Alun.
Warga tertarik dengan bunyi sirine iring-iringan mobil patroli dan pengawalan (Patwal) Sat Lantas Polres Tegal Kota. Kemudian dibarisan belakangnya adalah komunitas sepeda onthel yang berpakaian pejuang, adat Jawa dengan blangkon dan beskap, hingga pakaian olah raga yang unik. Juga becak yang berpenumpang ibu-ibu Bhayangkari yang dihiasi aneka kembang kertas dan plastik.
Konvoi berikutnya adalah mobil jip yang membawa para purnawirawan Polri. Diikuti iring-iringan sepeda motor trail dari personel Sat Sabhara yang berpakaian lengkap. Hal itu mengundang penasaran warga yang ingin melihatnya.
Purna Wira
Perlu diketahui, sebelum dilakukan arak-arakan, terlebih dahulu mereka mengikuti seremonial pelepasan ”Upacara Purna Wira” di Ruang Deviacita, dipimpin langsung Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi.
Diawali dengan pemberian medali penghargaan dan cinderamata ucapan terimakasih. “Upacara ini kami laksanakan sebagai bentuk penghormatan dan ucapan terima kasih atas pengabdiannya selama bertugas menjadi anggota Polri,” terang AKBP Siti Rondhijah.
Kapolres Tegal Kota mengungkapkan, nikmat sehat itu dinilainya luar biasa. Karena tidak semua bisa melewati masa tugas dengan baik, dan dalam keadaan sehat. Dia juga mengungkapkan kebahagiaanya dapat mengantar purnawirawan itu melewati gerbang pora.
Sementara itu mewakili anggota yang purna tugas, AKBP (Purn) Jemino berharap anggota Polri tidak boleh cengeng. Melainkan harus lebih profesional, dan harus bisa mengikuti perkembangan zaman. 
”Jangan sampai monoton. Tapi harus bisa berkembang. Apalagi saat ini kesejahteraan personel Polri juga sudah meningkat. Jadi Saya berharap anggota tidak ada yang elek-elekan,” tandas dia, sekaligus mengucapkan pamitan dan terimakasih kepada jajaran Polri. 
Selesai upacara Purna Wira, kemudian dilanjutkan tradisi ”Pedang Pora”. Tradisi itu biasanya dilakukan untuk menyambut pejabat baru maupun melepas pejabat lama ke tempat tugas yang baru. Tapi kali ini dilakukan untuk melepas personel Polri yang masuk 
masa pensiun atau purnawirawan. Begitu para purnawirawan itu keluar dari halaman Mapolres Tegal Kota, dilakukan arak-arakan keliling kota.

(riyono toepra/ red38)

BERITA LAINNYA