Take a fresh look at your lifestyle.

Puluhan Warga Diduga Keracunan Bubur Ayam

123

BUMIAYU– Puluhan warga Desa Bangbayang, Kecamatan Bantarkawung, dilarikan ke puskesmas setempat karena mengalami mual-mual, muntah dan pusing, Sabtu (23/11). Mereka yang sebagian besar merupakan anak balita itu diduga mengalami keracunan setelah menyantap bubur ayam.

Keterangan dihimpun di lapangan menyebutkan, para korban memperoleh bubur ayam tersebut dalam kegiatan posyandu di kantor desa setempat pada pukul 08.00. Bubur ayam dalam kemasan gelas (cup) tersebut merupakan program pemberian makanan tambahan.

Gejala keracunan sendiri mulai dirasakan warga pada sore hari. Mereka merasakan mual-mual, muntah dan pusing. Mereka pun langsung dilarikan ke Puskesmas Bantarkawung.

Camat Bantarkawung Eko Supriyanto mengatakan, berdasarkan pendataan yang dilakukan di puskesmas, ada 21 orang yang dilarikan ke Puskesmas. Dari jumlah tersebut, 13 orang diantaranya merupakan anak balita.”Gejala keracunan mulai dirasakan pada sore hari. Mereka langsung dibawa ke puskesmas dan mendapat penanganan medis,” kata camat.

Salah satu korban Abdul Mutolib mengaku mengalami pusing dan muntah muntah setelah mengonsumsi bubur ayam.”Waktu itu saya bekerja di dekat lokasi posyandu. Menjelang siang, saya ditawari bubur ayam. Lebih kurang satu jam setelah makan bubur ayam itu, mual mual dan muntah. Kepala juga pusing,” kata dia.

Kepala BLUD UPT Puskesmas Bumiayu dr Ali Budiarto menegaskan seluruh korban telah mendapatkan penanganan medis.”Puskesmas Bantarkawung ini masuk wilayah UPTD BLUD Puskesmas Bumiayu. Begitu ada laporan, saya langsung ke lokasi,” ujarnya. Pihaknya juga memastikan ketersediaan logistik cairan infuse, obat obatan dan tenaga medis untuk menangani kejadian khusus tersebut.”Kondisi korban sudah berangsur membaik. Kejadian ini tentu menjadi evaluasi kita agar kedepan tidak terulang,” ujarnya.

Kepala Puskesmas Bantarkawung dr Ely menambahkan, hingga Minggu (24/11) siang, masih ada sembilan orang yang menjalani perawatan.”Rinciannya, delapan orang di rawat di puskesmas, dan satu orang di rujuk ke RSUD Bumiayu,” katanya. (Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA