Take a fresh look at your lifestyle.

Puluhan Rumah di Desa Buniwah dan Bojong Rusak Akibat Angin Kencang

Bupati Tegal, Dra. Hj. Umi Azizah menyerahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada warga.

43

BOJONG – Puluhan rumah di Desa Buniwah dan Desa Bojong, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal rusak akibat angin kencang yang terjadi Selasa (16/2). Sebagian rumah kehilangan atap , karena atap yang terbuat dari seng disapu angin. Sebagian lagi karena tertimpa pohon tumbang.

Camat Bojong, Iwan Kurniawan menyampaikan, hasil pendataan yang dilakukan, di Desa Buniwah RT 02 RW 01 terdapat 12 rumah yang rusak, sedangkan di RT 03 RW 03 ada satu rumah. “Hujan lebat dan angin kencang mengakibatkan pohon cengkeh yang berada di perkebunan warga tumbanf dan mengenai rumah warga serta beberapa atap rumah lepas,”jelas Iwan, Rabu (17/2).

Sementara di Desa Bojong terdapat 18 bangunan rumah dan satu gedung badminton yang rusak. Rumah-rumah tersebut berada di RT 01 RW 01 sebanyak tujuh rumah, RT 02 RW 01 sebanyak tiga rumah dan RT 03 RW 01 sebanyak sembilan rumah.

Iwan mengatakan, dari 19 rumah yang rusak, empat rumah diantaranya mengalami rusak berat, satu rusak sedang dan 14 rumah rusak ringan. “Sementara ini melakukana assessment , penanganan darurat dari pemerintahan desa dan relawan setempat. Kami laporkan agar bisa mendapat bantuan dari yang lain, termasuk dari BPBD,PMI dan lain-lain,” sebutnya.

Menurutnya, warga yang rumahnya rusak berat mengungsi ke rumah saudara. “Warga yang rumahnya rusak berat dan tidak bisa ditinggali, untuk sementara mengungsi ke saudaranya,”imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Tegal Umi Azizah bersama Forkopincam Bojong, pada Rabu (17/2) siang meninjau rumah-rumah warga yang rusak di Desa Buniwah serta menyerahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada Wasri warga RT 03 RW 3 sebesar Rp 10 juta . Bantuan untuk perbaikan rumah Wasri yang tertimba pohon.
Wasri yang tinggal sendirian di rumah tersebut mengaku masih trauma dengan peristiwa pohon tumbang di tengah tiupan angin kencang yang meluluhlantakkan bangunan atap dan tembok rumahnya. Meski kepalanya sempat tertimpa genting yang jatuh, beruntung Wasri masih bisa selamat.

Umi juga menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Forkopimcam Bojong, Pemdes Buniwah, relawan Palang Merah Indonesia (PMI) dan personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang bergerak cepat membantu pembersihan lokasi dan mendata kerusakan. Demikian pula dengan keswadayaan warga Desa Buniwah dalam bergotong royong membantu warganya yang tertimpa musibah.

“Semangat gotong royong inilah yang harus kita rawat, kita bangun terus menerus. Terlebih di masa pandemi Covid-19 dan bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Sehingga sistem kewaspadaan dini di masyarakat harus lebih ditingkatkan, seperti perambasan pohon yang sudah menjulang tinggi dan berpotensi roboh menimpa rumah. Kemudian gorong-gorong dan saluran air yang tersumbat atau ada sedimentasi bisa segera dibersihkan dengan kerja bakti,” pesan Umi.

Bantuan untuk warga juga diberikan PMI Kabupaten Tegal. Kepala PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo menyerahkan bantuan berupa uang total senilai Rp 14 juta. Bantuan tersebut diberikan kepada Desa Bumijawa sebesar Rp 4 juta, Desa Bojong Rp 9 juta dan Desa Bumijawa Rp 1 juta.

BERITA LAINNYA