Take a fresh look at your lifestyle.

Puluhan Ribu Umat Muslim Padati Idul Khotmi di Jatibarang

162

BREBES – Peringatan Idul Khotmi Lillkubil Maktum Abil Abbas Sayyidi Assyeh Ahmad Bin Muhammad Attijani RA ke-227 se Indonesia, di Zawiyah Al Firdaus Pondok Pesantren Darussalam Jatibarang, Brebes, Minggu (20/10), dipadati puluhan ribu umat muslim. Mereka yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia segaja datang untuk menghadari kegiatan tersebut.

Bahkan, kegiatan itu juga dihadiri belasan Muqodam atau pemimpin Toriqoh dari luar negeri. Ketua Panitia Hery Pratikno menjelaskan, Idul Khotmi ke-227 diikuti lebih dari 50.000 peserta dari berbagai penjuru Indonesia. Mereka datanf dengan menggunkan sebanyam 300 Bus dan ratusan kendaraan pribadi. Dihadiri pula 15 Muqodam atau Pemimpin Toriqoh dari luar negeri. Selain tablik akbar juga digelar pameran produk lokal Brebes, Ziarah Makam Muqodam, Hailalah Akbar, Halaqah Ilmiyyah Muqoddam, Kholwat dan Istighotsah, Parade Rebana dan Hadroh. “Ada lebih dari 50.000 muslimin hadir di Idul Khotmi ini,” katanya.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti mengaku, bergembira karena Kabupaten Brebes telah dikunjungi ulama-ulama besar se Indonesia bahkan banyak yang datang dari Asia. Ia hanya berharap doa-doa dari para ulama, masyayih, muqodam dan peserta Idul Khotmi untuk kemaslahatan Bangsa dan Negara, terutama untuk Kabupaten Brebes.
Apalagi, Idul Khotmi ini bertepatan pula dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. “Mudah-mudahan doa dan dzikir dari seluruh hadirin turut memperlancar jalannya pelantikan. Di samping itu, Negara Indonesia akan menjadi negara yang kuat, bermartabat, baldatun toyibatun warobun ghofur,” ujarnya.

Sementara Syeh Wa’li bin Duwainah dari Al Jazair sebagaimana diterjemahkan KH Abdul Hadi Nawawi pada Tablik Akbar mengatakan, daya tarik Syeh Ahmad bin Muhammad Attijani mempunyai kekuatan yang sangat dahsyat. Mendalam hingga kelautan batiniah yang sangat dasyat pula. “Sehingga jamiyah ini memiliki peranan yang sangat penting untuk kemaslahatan dunia akherat,” katanya.

(Setiawan-red2)

BERITA LAINNYA