Take a fresh look at your lifestyle.

Puluhan Peserta Beradu Kreativitas di Ajang Krenova 2021

176

BREBES – Sebanyak 55 orang peserta beradu kreativitas dalam ajang Lomba Kreativias dan Inovasi (Krenova), yang dilaksanakan Baperlitbangda Kabupaten Brebes, Kamis (18/3), di Aula Kantor setempat. Para peserta tersebut berasal dari kalangan pelajar hingga masyarakat umum, yang mampu menciptakan karya baru dari hasil penelitian.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Baperlitbangda Kabupaten Brebes, Nurul Hidayat mengatakan, lomba Krenova merupakan kegiatan tahunan yang diadakan Baperlitbangda Kabupaten Brebes. Dalam kegiatan tersebut memperlombakan kreativitas dan inovasi masyarakat, dalam menciptakan karya terbarunya sebagai hasil penelitian yang telah dilakukan. Dari hasil temuan melalui proses penelitian itu, kemudian diwujudkan dalam bentuk sebuah karya kreatif dan inovatif. “Dalam lomba ini, peserta nantinya menampilkan dan mempresetasikan hasil dari karyanya ini, ” ujarnya.

Menurut dia, di tahun 2020 lalu pelaksanaan lomba untuk kategori pelajar dan umum digelar bersama. Ini karena adanya rekofusing anggaran APBD untuk Covid-19. Namun di tahun 2021, meski tetap terjadi rekofusing anggaran, pelaksanaan lomba Krenova dibagi menjadi dua kategori.Yakni, tingkat pelajar dan umum. Jumlah peserta pelajar pada giat kali ini sebanyak 15 orang. Sedangkan umum sebanyak 40 peserta. Dari peserta tersebut, selanjutnya akan dipilih lima pemenang untuk masing-masing kategori. “Meski masih dalam masa pandemi Covid-19, jumlah peserta tahun ini membludak, dibanding tahun-tahun sebelumnya. Jika tidak kami batasi, jumlahnya bisa lebih dari yang sekarang masuk,” ungkapnya.

Sementara Kepala Baperlitbangda Kabupaten Brebes, Edy Kusmartono mengatakan, para pemenang lomba di tingkat kabupaten itu, nantinya akan dipilih kembali oleh dewan juri untuk mewakili lomba di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Selain disediakan hadiah, para pemenang juga akan mendapatkan beberapa fasilitas lain. Itu jika mereka menang di tingkat Provinsi Jawa Tengah, seperti pendampingan menuju Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), pelatihan Kekayaan Intelektual (KI), perekayasaan teknologi serta penyertaan pada beberapa pameran. “Pada lomba Krenova tahun ini, kami menyediakan hadiah total sebesar Rp. 27 juta. Rinciannya, kategori umum juara I hadiah Rp 5 juta, juara II Rp 4 juta, juara III Rp 3,5 jt, juara IV Rp 3 jt dan juara V Rp 2,5 juta.

“Sedangkan untuk kategori pelajar juara I Rp 2,5 juta, juara II Rp 2 juta, juara III Rp 1,75 juta, juara IV Rp. 1,5 jt dan juara V Rp. 1,25 juta,” pungkasnya.

(P07_red) 

BERITA LAINNYA