Take a fresh look at your lifestyle.

Puluhan Pelajar Beradu Kreasi di Ajang Parade Mural

146

BREBES – Puluhan pelajar SMP dan SMA di Kabupaten Brebes beradu kreasi dalam ajang Parade Mural Pelajar, di halaman Stadion Karangbirahi Brebes, Jumat (26/7). Mereka berlomba untuk mewujudkan ide dan konsep imajinasi dalam seni mural dengan media tembok keliling Stadion Karangbirahi tersebut.

Parade Mural yang diselenggarakan Milisi Brebes Bermural (MBB) dan LSM Agustus Brebes itu, digelar dalam rangkaian menyambur peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74. Dalam lomba seni mural yang dilaksanakan sejak pukul 08.00 itu. para peserta nampak serius menorehkan kuas dan cat di tembok keliling stadion sepak bola tersebut. Beberapa peserta di antaranya, melukis bentuk wajah dengan beberapa ornamen yang menarik. Ada juga pesert yang melukis abstrak. 

Ketua Panitia Parade Mural Pelajar, Kustoro WHY mengatakan, kegiatan itu diselenggarakan untuk mewadahi ekspresi pelajar dalam bidang seni lukis. Tak hanya itu, melalui kegiatan itu diharapkan dapat menumbuhkan dan mempererat kerjasama tim demi mewujudkan ciptaan karya seni melukis mural. Menginggat, konsep seni mural dilakukan secara tim. “Melalui kegiatan kami ini, para pelajar bisa menuangkan ide dan konsep imajinasinya ke dalam sebuah coretan yang bertema dan bisa dinikmati pengunjung stadion. Ini juga upaya kami dalam ikut mengangkat seni dan mempercantik wajah kota melalui seni mural,” jelasnya.

Menurut dia, dalam ajang kali ini, pihaknya menyiapkan sepuluh tema mural yang bisa dipilih para pesert. Di antaranya, tema lingkungan hidup, kesehatan, pendidikan, kebersihan, bahaya narkoba, keluarga berencana, olahraga dan beberpa tema lain yang menyangkut kehidupan sehari-hari. “Untuk ajang ini ada sebanyak 16 tim pelajar yang menjadi peserta. Satu tim ini beranggotakan 4-5 orang pelajar. Setiap tim kami sediakan media dinding tembok keliling Stadion Karangbirahi dengan panjang 2 meter dan tinggi 1,5 meter,” ungkapnya.

Sementara salah seorang peserta, Salma pelajar asal SMA Negeri 1 Brebes mengaku, antusias mengikuti parade mural tersebut. Ajang Parede Mural dinilai sangat positif untuk menampung kreatifitas pelajar sepertinya. “Kalau saya memang suka melukis. Kadang dinding rumah juga saya lukis. Jadi, ini sebagai media yang bagus untuk para pelajar sehingga bisa berkegiatan yang positif,” ungkapnya.

(Setiawan/ red38)

BERITA LAINNYA