Take a fresh look at your lifestyle.

Puluhan Pejabat Pemkot Tegal Jalani Tes Urine

61

TEGAL – Sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tegal mengikuti tes urine disela pelaksanaan Rapat Koordinasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), di Ruang Adipura Kompleks Balai Kota, Kamis (4/3) siang.

Para pejabat tersebut diantaranya, Sekretaris Daerah Kota Tegal, Drs Johardi, para Staf Ahli, Asisten, Kepala Organisas Perangkat Daerah (OPD), Camat, hingga Lurah se-Kota Tegal sejumlah 96 orang.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tegal, Sudirman menyebut, pelaksanaan Rakor P4GN dilakukan sebagai wujud sinergitas antara pihaknya dengan Jajaran Pemerintah Kota. Adapun pelaksanaan tes urine, dilakukan mendadak disela rakor tersebut.

“Awalnya hanya rakor saja, tetapi setelah kami koordinasikan dengan Wali Kota, Sekda dan Bakesbangpol, maka dilakukanlah tes urine. Alhamdulillah, Pemkot Tegal berkomitmen untuk itu,” ungkap Dirman.

Dalam kesempatan itu, Dirman juga mengingatkan kepada ASN dan juga orang tua untuk menjaga anaknya dari peredaran narkoba. Misalnya, tembakau gorila yang marak dijual secara bebas melalui situs belanja online.

“Saat pandemi ini banyak celah yang dimanfaatkan para pelaku narkotika. Baik bandar, pemakai hingga pengedar. Bayangkan saja, tembakau gorila saja dijual satu paket seharga Rp 35 ribu. Tentu ini sangat mengkhawatirkan dan perlu adanya pengawasan ekstra,” bebernya.

Sementara, Sekda Kota Tegal, Drs Johardi menyampaikan, langkah yang dilakukan oleh BNNK Tegal merupakan implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024.

“Ini merupakan implementasi dari Inpres Nomor 2 Tahun 2020, ini patut didukung dan menjadi kewajiban daerah, dan akan dilakukan setiap enam bulan sekali, ini juga wujud serius terbukti hampir semuanya hadir,” ujar Johardi.

Johardi menambah, sinergitas Pemkot Tegal dan BNN melaksanakan tes urine bentuk komitmen bersama melawan narkoba. Dirinya berharap, peredaran narkoba di Kota Bahari harus nol. Tidak ada indikasi, penjualan, transit dan sebagainya tidak ada di Kota Tegal.

“Ke depan sinergitas pencegahan narkoba akan kita lakukan ke kelurahan hingga masyarakat,” tutupnya. (*)

BERITA LAINNYA