Take a fresh look at your lifestyle.

Puluhan Kursi Anggota DPRD Kosong Saat Paripurna HUT Kemerdekaan RI

166

BREBES – Puluhan kursi anggota DPRD Kabupaten Brebes terlihat kosong, saat sidang paripurna istimewa DPRD dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Jumat (16/8). Puluhan kursi itu kosong lantaran para wakil rakyat tidak hadir dalam sidang dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo.

Pantuan dalam sidang paripurna, hanya sebagian kecil kursi anggota DPRD yang terisi. Tercatat, dari total sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Brebes, yang nampak hadir hanya 18 orang, termasuk empat orang usur pimpinan. Sementara, Bupati Brebes Idza Priyanti dan Wakil Bupati Brebes Narjo, nampak hadir dalam paripurna tersebut. Selain mereka, puluhan pejabat di jajaran Pemkab Brebes juga ikut menghadirinya.

Kondisi banyaknya anggota DPRD yang absen dalam sidang paripurna HUT Kemerdekaan RI tersebt disayangkan sejumlah warga di Kota Bawang. Mereka merasa kecewa terhadap para wakil rakyatnya karena tidak hadir dalam kegiatan tersebut. Apalagi, peringatan HUT Kemerdekaan RI itu dinilai sebagai momentum yang sakral bagi Bangsa Indonesia.

“Mestinya mereka (anggota DPRD-red) mawas diri. Apa yang selama ini digembar-gemborkan, saya Pancasila saya lndonesia ternyata hanya slogan belaka. Patut ditinjau ulang mental ideologi Pancasila mereka, baik yang akan memasuki masa purna tugas maupun yang akan duduk kembali sebagai anggota DPRD. Atas nama masyarakat kami, sangat kecewa dan merasa tertipu dengan memberikan perwakilan kita kepada mereka di legislatif,” ungkap Abdul Aris Hada Assa’ad, salah seorang aktivis di Kabupaten Brebes, kemarin.

Dia mengatakan, mungkin bagi anggota DPRD yang akan purna tugas sudah tidak ada harapan atau mungkin mereka kecewa sehingga enggan untuk datang dalam kegiatan. Namun yang parah banyak anggota DPRD petahana ternyata tidak hadir.

“Mestinya Badan Kehormatan DPRD Brebes berfungsi sebagaimana mestinya menjalankan tugas dan dengan segala konsekuensinya. Bagi anggota DPRD petahana yang tidak berangkat saya minta agar Badan Kehormatan segera memanggil dan dilakukan sidang kode etik anggota DPRD, kecuali mereka tidak datang karena alasan sakit,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Hadi, salah seorang warga Kelurahan Limbangan Wetan, Brebes. Menurut dia, HUT Kemerdekaan RI adalah hal sakral bagi Bangsa Indonesia. Meskitnya semua harus ikut serta mnghormati perjuangan para pahlawan yang rela berkorban tenaga dan nyawa demi merebut kemerdekaan RI.

Namun pihaknya prihatin melihat sidang paripurna DPRD Kabupaten Brebes dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI, jumlah anggota DPRD yang hadir kurang dari 50 persen. “Saya sebagai rakyat kecil melihat seperti itu ikut sedih, karena wakil saya yang di DPRD justru tidak memberikan contoh baik kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Informasi yang dihimpun di lapangan, dari puluhan anggota DPRD Kabupaten Brebes yang tidak hadir itu, dua anggota di antaranya sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci. Sedangkan lainnya, belum ada kejelasan kenapa mereka tidak hadir.

(Setiawan/red2)

BERITA LAINNYA