Take a fresh look at your lifestyle.

Puluhan Dai Cilik Antusias Ikuti Lomba Pildacil Pesonna Hotel

223

TEGAL, smpantura.com – Pembelajaran tatap muka yang dilakukan terbatas selama pandemi tak menyusutkan para dai cilik di Kota Bahari untuk berpartisipasi. Mereka membuktikan semangatnya dalam berdakwah, melalui Lomba Penampilan Dai Cilik (Pildacil) 2021 yang digelar Pesonna Hotel Tegal, Rabu (21/3) lalu.

Puluhan peserta dari berbagai sekolah jenjang SD unjuk kebolehan dihadapan para juri dan tamu undangan yang terbatas. Dalam gelaran lomba yang keempat ini, penyelenggara bekerjasama dengan Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Kota Tegal.

Disebutkan Asisten Sales Manager Pesonna Hotel Tegal, Erwin Dwi Sasongko, Pildacil kali ini diikuti 23 peserta dengan kategori usia 6 hingga 12 Tahun atau tingkat SD/ MI kawasan Tegal dan sekitarnya.

“Tema lomba kita beri kebebasan kepada para peserta untuk menyajikan yang terbaik. Lomba ini memperebutkan Trofi Juara 1, 2, 3 serta sertifikat, voucher makan dan uang tabungan,” ujar Erwin.

Ihwal aturan lomba, para peserta diwajibkan mengenakan berbusana muslim dan muslimah yang rapi dan berakhlak. Peserta juga diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan 3M.

Adapun untuk kriteria penilaian yang dilakukan yakni intonasi, isi pidato, ekspresi serta penampilan. Masing-masing peserta juga diminta mengumpulkan naskah pidato kepada dewan juri. Mereka diperbolehkan mengucapkan salam baik di awal maupun di akhir penampilan.

“Bacaan Al-Quran maupun Hadis secara tartil dan benar. Maksimal waktu tampil masing-masing peserta tujuh menit,” timpalnya.

Ditambahkan Erwin, Lomba Pildacil diharapkan menjadi ajang untuk mengasah bakat anak-anak untuk berani tampil dan berbicara di muka umum. Termasuk pula menumbuhkan bibit-bibit pendakwah serta pemimpin baru yang berguna bagi masyarakat.

“Semoga bisa melatih anak-anak untuk mensyiarkan Islam sejak dini dan membentuk mental ‘Toughness’,” kelakarnya.

Diketahui Lomba Pildacil berlangsung di Diamond Room Lantai 1 Pesonna Hotel Tegal berlangsung mulai pukul 13.00 WIB hingga menjelang azan magrib. Keluar sebagai pemenang, Juara 1 diraih Khansaa Kamila Subechi dari SD PUI Kota Tegal, Juara 2  Muhammad Arfin dari SD Ihsaniyah 1 Pusaka dan Juara 3  Bulan Cahya Fitri dari SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal. (T03-red)

BERITA LAINNYA