Take a fresh look at your lifestyle.

Pulau Cemara, Tawarkan Sensasi Berselfi

199
  • Destinasi Wisata di Pantura Brebes

BREBES – Pemkab Brebes kini terus mengembangkan potensi wisata yang dimiliki di wilayahnya. Salah satu destinasi wisata baru yang kini mulai dikenalkan adalah Pulau Cemara. Obyek wisata di kawasan pesisir pantura Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes itu baru empat bulan lalu diresmikan.

Meski terbilang baru, tetapi setiap libur akhir pekan tempat wisata yang dikenal indah untuk berselfi tersebut selalu ramai pengunjung. Hal itu seperti setiap hari Sabtu dan Minggu atau hari libur lainnya. Puluhan pengunjung memadati obyek wisata baru tersebut untuk berwisata mengisi liburan. Namun untuk menuju Pulau Cemara tidaklah mudah. Pengunjung harus terlebih dulu berjalan setapak menuju dermaga dan menaiki perahu dengan perjalanan sekitar 25 menit.

Sepanjang perjalanan menuju Pulau Cemara itu, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah hutan bakau. Sampai di pantai Pulau Cemara, pengujung akan diuji adrenalinnya untuk berjalan kaki dititian bilah bambu, sepanjang seratus meter agar bisa sampai ke daratan.

Di Pulau Cemara, para pengunjung akan disuguhi pemandangan indah gugusan pantai sepanjang lebih dari lima kilometer yang dipenuhi pohon cemara. Di tempat itu, juga terdapat berbagai wahana untuk berfoto selfie, dengan pemandangan pohon cemara ataupun latar belakang lautan.

“Sudah empat bulan lalu, tempat wisata ini dikenalkan ke masyarakat luas. Sedangkan untuk pengelolaannya diserahkan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di desa kami ini,” jelas Siti Mualimah, salah satu anggota Pokdarwis Pengelola Wisata Pulau Cemara, kemarin.

Dia mengatakan, meski termasuk wisata baru, tetapi di setiap akhir pekan selalu ramai pengunjung. Mereka tidak hanya dari Brebes, tetapi juga dari berbagai kota di Jawa Tengah. Untuk tiket, setiap pengunjung dikenai tarif Rp 10.000. Tarif itu sudah termasuk tiket menaiki perahu nelayan untuk pulang pergi menuju Pulau Cemara. “Karena ini masih baru, jadi ada beberapa fasilitas pendukung yang belum terpenuhi. Untuk itu kedepan kami akan terus berbenah diri,” ujarnya.

Anggota DPRD Kabupaten Brebes, Zaki Safrudin P mengaku, pihaknya mendukung terharap upaya optimalisasi potensi wisata dearah tersebut. Salah satunya melalui pembukaan obyek wisata baru. Selain akan memberikan banyak pilihan bagi pengunjung, langkah itu juga sebagai upaya mendongkrak pendapatan daerah dari sektor wisata. “Ini langkah yang baik, dan kedepan kami harapkan fasilitas yang kurang segera bisa dipenuhi agar penggunjung merasa nyaman,” katanya.

Terpisah, Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Brebes, Iskandar mengatakan, Pulau Cemara memang salah satu tempat wisata baru yang tengah dikembangkan. Fokus pengembangan nantinya berada di pulaunya. Yakni, dengan pembangunan fasilitas pelengkap berupa taman. Selain itu, akan dikembangkan juga di kawasan burung liar. “Ratusan spesies burung tinggal di kawasan hutan mangrove di daerah Pulau Cemara ini,” terangnya.

(Setiawan/red38)

BERITA LAINNYA