Take a fresh look at your lifestyle.

Program Kotaku, Kementerian PUPR Gelontorkan Rp 6,2 Miliar ke Sembilan Desa di Bumiayu

62

BUMIAYU, smpantura.com– Sebanyak sembilan desa di Kecamatan Bumiayu, Brebes, menerima program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahun 2021. Total anggaran yang digelontorkan Kementerian PUPR ke sembilan desa tersebut sebanyak Rp 6, 2 miliar.

Camat Bumiayu Eko Purwanto, baru-baru ini, mengatakan, program Kotaku di wilayahnya terbagi menjadi dua. Yaitu Kotaku reguler dan cash for work (CFW) atau padat karya tunai. Penerima program Kotaku reguler meliputi Desa Kaliwadas, Bumiayu, Kalinusu, Kalisumur dan Kalilangkap.”Masing-masing desa dikucur anggaran Rp 1 miliar,” katanya. Sedangkan penerima program CFW yaitu Desa Laren, Negaradaha, Langkap dan Penggarutan, dengan setiap desa mendapat anggaran Rp 300 juta.

Dijelaskan camat, program Kotaku reguler bertujuan untuk meningkatkan akses dalam mewujudkan permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.”Program ini nantinya dilaksanakan melalui badan keswadayaan masyarakat (BKM). Jadi anggaran dari pusat tidak masuk ke desa, tapi langsung ke rekening BKM,” ujarnya.

Adapun kegiatan Kotaku reguler meliputi tujuh aspek. Yaitu jalan lingkungam, drainase, penataan bangunan lingkungan, air minum, sanitasi, pencegahan kebakaran dan pengelolaan sampah.”Nantinya kegiatan di setiap desa bisa berbeda-beda tergantung kondisi dan kebutuhannya,” ujarnya

Sedangkan CFW atau padat karya tunai bertujuan untuk memulihkan ekonomi masyarakat dengan pemeliharaan infrastruktur. Program ini diluncurkan khusus untuk menanggulangi penurunan daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19 yang memukul langsung masyarakat berpengasilan rendah (MBR).”Saya berharap program Kotaku ini dapat dilaksanakan dengan baik sehingga bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.(T06-red)

BERITA LAINNYA