Take a fresh look at your lifestyle.

Prof Dr Fakhruddin MPd Rektor UPS Tegal

* Hasil Rapat Pleno YPP, Tadi Siang

703

TEGAL – Mantan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof Dr Fakhruddin MPd, akhirnya ditetapkan sebagai Rektor UPS Tegal terpilih, oleh Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP), Senin (17/2).

Dia bakal menggantikan pejabat rektor lama perguruan tinggi itu, Dr Burhan Eko Purwanto MHum, yang akan habis masa jabatannya pada Jumat (21/2) tahun ini.

Prof Dr Fakhruddin MPd

Pelantikannya, direncanakan satu hari sesudahnya, di Auditorium Kampus Pusat Daryoen Senoatmodjo.

Wakil Ketua YPP Dr Eddhie Praptono SH MH didampingi Sekretaris Dr Taufiqullah SPd MHum mengatakan, penetapan rektor terpilih dilakukan setelah yayasan menerima rekomendasi dari Senat Universitas.

Rekomendasi tersebut kemudian diserahkan Panitia Pemilihan (Panlih) Rektor perguruan tinggi itu, ke YPP pada Selasa (11/2). Kemudian yayasan menggelar rapat pleno, Senin (17/2).
”Hasil rekomendasi inilah kemudian digodok dalam rapat pleno yayasan. Rapat dipimpin langsung Ketua YPP Dr Imawan Sugiharto SH MH, dihadiri seluruh pengurus yayasan, dewan pembina dan pengawas. Rapat berlangsung mulai pukul 11.00 hingga pukul 12.00, Senin (17/2). Hasil Rapal Pleno YPP menetapkan Prof Dr Fakhruddin MPd, menjadi Rektor UPS Tegal Terpilih,” terang Eddhie Praptono.

Sekretaris yayasan Dr Taufiqullah SPd MHum menambahkan, dalam rapat pleno, suara pengurus yayasan bulat menetapkan profesor bidang penelitian dan evaluasi pendidikan luar sekolah (PLS) Unnes Semarang, sebagai Rektor UPS Tegal periode 2020-2024.
Ketua Dewan Pembina yayasan itu, Drs Dulrachman dan anggotanya Drs Nurcholis Mustofa, juga Dewan Pengawas yayasan Surachman dan Mas Deru Prabawa MH, juga mendukung keputusan pengurus yayasan atas penetapan rektor terpilih.

Harapan Rektor

Sementara itu, Ketua YPP Dr Imawan Sugiharto SH MH setelah penetapan tersebut menaruh banyak harapan terhadap rektor terpilih.

Antara lain, dalam pengembangan kampus, baik sarana dan prasarana, kualiatas perkuliahan maupun lulusan, agar dapat berkomunikasi lebih baik lagi dengan yayasan.

Hal sama juga disampaikan Wakil Ketua YPP Dr Eddhie Praptono SH MH. Dia lebih menyorot pada perlunya penataan kelembagaan di tingkat interen kampus. Terutama hubungan harmonis dengan dosen dan karyawan di satuan kerja lainnya.

”Kerjasama dengan perguruan tinggi lain di dalam dan luar negeri juga perlu ditingkatkan, demi meningkatkan kualitas lulusannya. Dengan perguruan tinggi luar negeri, diharapkan akan lebih banyak lagi dosen UPS Tegal yang dapat mengajar di luar negeri untuk menambah pengalaman. Juga agar banyak mahasiswa luar negeri yang berkuliah di perguruan tinggi kami,” ucap dia.

Hal penting dan mendasar, kata dia, iklim pengembangan dan peningkatan perkuliahan di perguruan tinggi yang berbasis teknologi informasi (TI), perlu terus dikedepankan.

Karena sudah memasuki era milenial dan era industri 4.0, yang sebentar lagi menginjak 5.0.

Ketua Panlih Rektor Dr Ahmad Hanfan SE MM mengatakan, dengan telah ditetapkannya rektor terpilih, tugas panlih kini tengah mempersiapkan seremonial untuk pelantikan rektor terpilih menjadi rektor devinitif.

”Insya Allah, bila tak ada perubahan jadwal, pelantikan rektor terpilih menjadi rektor devinitif UPS Tegal periode 2020-2024, akan digelar pada Sabtu 22 Februari ini. Atau satu hari setelah berakhirnya masa bhakti rektor sebelumnya,” ucap dia, didampingi anggota Panlih lainnya Dr Sanusi SH MH, Diryo Suparto SSos MSi dan Sumartono SPd MPd.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA