Take a fresh look at your lifestyle.

Pramuka Garuda SMP 2 Dilantik

209

PEMALANG – Pramuka Garuda Gugus Depan (Gudep) Gerakan Pramuka SMP 2 Pemalang dilantik, baru-baru ini. Pelantikan dilakukan oleh Kepala SMP 2, Tri Doyo Basuki mewakili Mabicab Gerakan Pramuka Kwarcab Pemalang.

Basuki mengatakan anggota Pramuka Garuda yang dilantik ini sebelumnya mengikuti uji Pramuka Garuda. “Uji Pramuka Garuda yang ditindaklanjuti dengan pelantikan adalah untuk kali pertama diselenggarakan di Kabupaten Pemalang,”kata Basuki.

Pramuka Garuda kata dia ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka yang teridiri atas golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101/1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Di SMP 2 Pemalang Pramuka Garuda kata dia sudah diuji oleh penguji yang terdiri atas pembina Gudep, tokoh masyarakat, orang tua, pembina satuan dan andaran Kwartir Ranting (Kwaran).

Adapun syarat Pramuka Garuda antara lain telah menyelesaikan syarat kecakapan umum (SKU) tingkat Penggalang Terap dan berlatih sekurang kurangnya 2 (dua) bulan setelah dilantik bagi peserta didik SMP, telah memiliki Tanda Kecakapan Khusus (TKK)) untuk Pramuka Penggalang sekurang-kurangnya lima macam dai mana dari masing-masing bidang sekurang – kurangnya dua macam tingkat utama dan tiga tingkat madya.

Kemudian dia dapat menjadi contoh yang baik dalam pasukan Penggalang, di rumah, di sekolah dan bermanfaat bagi lingkungan pergaulannya, sesuai dengan Satya dan Darma Pramuka, telah mengikuti temu Pramuka Penggalang antara lain Lomba Tingkat, Jambore, Kemah Bakti dan dapat membuat hasta karya, sekurang-kurangnya 6 (enam) macam.

Syarat selanjutnya adalah dapat menggunakan komputer, teknologi informasi minimal intemet dan berkomunikasi menggunakan salah satu bahasa internasional.(

BERITA LAINNYA