Take a fresh look at your lifestyle.

Praktik Pribadi Dokter Gigi Tutup

242

PEMALANG – Praktik dokter gigi sore hari atau praktik pribadi tutup selama pandemi Covid-19. Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kabupaten Pemalang Andang Sukoco mengatakan tidak ada dokter gigi yang berani buka praktik sore hari di rumah atau di lembaga lain.

 

“Kalau praktik di rumah sakit dan Puskesmas masih dilakukan tapi hanya mengobati bukan pada kasus-kasus yang lain,”kata Andang, kemarin.

 

Di Pemalang lanjut dia terdapat 31 dokter gigi anggota PDGI. Adapun tutupnya praktik sore hari mereka lantaran sudah banyak dokter gigi yang meninggal dunia selama pandemi Covid-19 ini.

Andang mengutip pernyataan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo di mana terdapat 20 dokter gigi dan THT yang meninggal dunia karena Covid-19.

 

Salah satu dokter gigi, Dian Palupi mengatakan secara pribadi dia menutup praktik sore di Jl.Pemuda. “Saya pribadi tutup karena alasan ada himbauan dari Pengurus Besar PDGI untuk tidak melakukan tindakan karena penularan Covid salah satunya dari tindakan gigi dan mulut,”kata Dian.

 

Covid-19 menular dari manusia ke manusia melalui droplet. Droplet adalah cairan dari mulut dan hidung yang bisa dikeluarkan melalui batuk dan bersin oleh orang yang positif terpapar korona.

 

Kemudian dokter gigi hanya boleh melakukan tindakan darurat seperti perdarahan, nyeri hebat dan kecelakaan. Itu pun harus melakukan tindakan sesuai protokol kesehatan Covid-19.

 

Sementara itu di tempat praktik Dian tidak tersedia sterilisasi autoclave seperti halnya di rumah sakit dan Puskesmas karena itu buka praktik di rumah sangat berisiko.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA