Take a fresh look at your lifestyle.

Polres Kembali Gembleng Satpam

154
  • Gandeng Pihak Ketiga

TEGAL – Polres Tegal Kota kembali mengembleng calon satuan pengamanan (Satpam) dalam kegiatan Latihan Dasar (Latsar) Satpam Gada Pratama Angkatan VII Tingkat Polda Jateng. Upacara pembukaan digelar di Lapangan Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, diikuti 45 orang, Selasa (30/7).

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi melalui Kasat Binmas AKP Tri Supriyadi SH mengatakan, peserta sebanyak itu akan mengikuti latsar selama lebih dari 14 hari, mulai 30 Juli hingga 15 Agustus.

”Dengan mengikuti latsar ini, diharapkan para satpam telah memenuhi standarisasi sebagai petugas satuan pengamanan yang bekerja di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta,” terang AKP Tri Supriyadi didampingi Kapolsek Tegal Selatan Kompol Juharno SH.

Dia menambahkan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menggandeng pihak ketiga, yakni PT Jaya Rian Perkasa. Dalam implementasinya, Satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas, diharapkan dapat berkontribusi positif mendukung dan memelihara Kamtibmas.

Banyak Hal
Karena itulah dalam latsar, lanjut dia, banyak hal yang akan diajarkan ke peserta. Meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya dilingkungan kerja maupun penugasanya.

Menurut dia, kemampuan dan kompetensi tersebut dapat diperoleh melalui suatu pelatihan. Dengan demikian, setelah mengikuti latsar itu akan menghasilkan satpam yang memiliki kesamaptaan, pengetahuan, sikap mental dan kepribadian yang baik.
Selama pelatihan yang akan berlansung selama lebih dari 14 hari, peserta akan menerima berbagai materi. Baik teori maupun praktik di lapangan. Antara lain, berkait tupoksi satpam sebagai kepanjangan tangan kepolisian dengan wewenang terbatas.

”Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan mendapatkan sertifikat Gada Pratama Tingkat Polda Jateng. Artinya mereka telah memiliki kompetensi dasar sebagai anggota satpam,” ucap dia.

(Riyono Toepra/ red38)

BERITA LAINNYA