Take a fresh look at your lifestyle.

PPKM Mikro Berhasil Menekan Kasus Covid-19 di Desa Mindaka

136

TARUB – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro berhasil menekan kasus positif Covid-19 di Desa Mindaka, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal.

Kepala Puskesmas Tarub, Akhmad Bukhori menyampaikan, adanya PPKM mikro berdampak baik terhadap penurunan kasus Covid-19 di desa yang juga ditetapkan sebagai Kampung Siaga Candi (KSC) di wilatah Kecamatan Tarub tersebut.

“Sebelum PPKM Mikro dan Kampung Siaga Candi ditekankan, di Desa Mindaka sudah ada 27 kasus , satu diataranya meninggal dunia. Berkat usaha bersama masyarakat menerapkan 5M, saat ini tidak ditemukan kasus positif lagi di desa ini. Kasus positif yang lama juga sudah sembuh,”terang Bukhori, Sabtu (13/3).

Bukhori menyebutkan, warga setempat telah sadar akan pentingnya mencegah penularan Covid-19, dengan menerapkan protokol kesehatan 5M di berbagai kegiatan. Diantaranya dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Saat shalat Jumat warga mengenakan masker dan jaga jarak,”sebutnya.

Bukhori menyebutkan, guna mendukung PPKM mikro, Puskemas Tarub belum lama ini mengadakan lomba sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS) tingkat RT/RW di Desa Mindaka. Lomba diikuti 23 RT yang ada di 4 RW.

Lomba ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mencuci tangan. Lomba tersebut disambut antusias warga.

Terbukti, warga berlomba-lomba membuat tempat cuci tangan untuk dipasang di rumahnya. Ada dua kategori yang dilombakan. Yakni sarana CTPS terbaik/kreatif dan kategori sarana CTPS terbanyak tingkat RT.

“PPKM Mikro sangat luar biasa hasilnya. Semoga memasuki bulan Ramadan tidak ada kasus terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga masyarakat bisa menjalani masa-masa indah di bulan suci,”ungkapnya.

Sementara itu, Camat Tarub, Sumiyati mengatakan, Desa Mindaka terpilih sebagai Kampung Siaga Candi berkat dukungan dari pemerintah desa dan masyarakatnya yang antusias mendukung program tersebut.

Hal ini mengantarkan Desa Mindaka sebagai juara 1 dalam lomba Kampung Siaga Candi tingkat Polres Tegal.

“Alhamdulillah , di Mindaka semua unsurnya dari tokoh masyarakat, sesepuh, pemuda, ibu-ibu, kader, kader kesehatan, dan relawan semua semangat,”tutur Sumiyati didampingi Kapolsek Tarub, AKP Slamet Nurosid.

Selain KSC, dalam mengimplementasikan PPKM mikro, desa juga mengatifkan jogo tonggo yang merupakan program Gubernur Jateng.

Menurutnya, selain menyiapkan posko PPKM, Kampung Siaga Candi Desa Mindaka juga menyiapkan sarana ruang isolasi mandiri bagi warga yang kesulitan melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

Sumiyati menyebutkan, wilayahnya memiliki 20 desa. Saat ini tiap desa berangsur-angsur menuju zona hijau. Tersisa tiga desa yang masih terdapat warga yang melakukan isolasi mandiri karena terpapar Covid-19. Yakni Desa Karangjati, Lebeteng dan Kesadikan.

Sementara itu, pada acara pertemuan dengan relawan Kampung Siaga Candi, Sabtu (13/3) di Balai Desa Mindaka, diumumkan para pemenang lomba sarana cuci tangan pakai sabun.

Suleman (41) warga RT 6 RW 4 Desa Mindaka, mengaku senang tempat cuci tangan buatannya berhasil meraih juara 1 untuk kategori sarana CTPS terbaik. Dia memuat tempat cuci tangan dari bambu dilengkapi dengan ember sebagai penampung air dan corong untuk bak cuci tangan.

Tempat cuci tangan ini dinilai kreatif, dan memenuhi persyaratan sanitasi, dengan dilengkapi dengan pembuangan limbah.

BERITA LAINNYA