Take a fresh look at your lifestyle.

PPDB, Habib Ali : Sekolah Dilarang Menolak Pendaftaran Siswa

134

TEGAL – Seluruh sekolah di Kota Tegal diharap tidak menolak pendaftaran siswa, sebelum kuota penuh dan waktu pendaftaran berakhir. Demikian ditegaskan Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, Habib Ali Zaenal Abidin kepada SMpantura.com, Rabu (24/6) siang.

Menurut Wakil Wali Kota Tegal periode 2009-2014 ini, pelaksanaan PPDB harus berjalan secara obyektif, transaparan, akuntabel dan tidak diskriminatif, serta sesuai dengan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) yang berlaku.

Dimana adanya Perkada, juga menjamin serta memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada warga negara usia sekolah untuk mendapatkan layanan pendidikan. Dalam PPDB, setiap penyelenggara harus memberikan kesempatan yang sama bagi anak usia sekolah untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.

“Sekolah tidak boleh melakukan penolakan siswa, terkecuali jumlah rombongan belajarnya sudah sesuai kuota dan waktu PPDB sudah berakhir,” tegas Habib Ali.

Ditambahkan, untuk memberikan motivasi kepada anak dan orang tua agar bisa menyekolahkan di pendidikan agama. Ada perhatian khusus dengan mencoba memberikan tambahan bonus poin dan sudah berjalan setiap tahun.

Dimana bagi siswa yang memiliki ijazah Madrasah Diniyah mendapatkan tambahan 2 poin, TPQ 1, UBTQ dan pendidikan agama lainnya 0,5 poin. Selain itu, bagi siswa yang hafal 30 juz Alquran, bisa langsung diterima tanpa adanya seleksi. Selanjutnya mereka yang memiliki sertifikat tahfidz minimal 1 juz mendapatkan tambahan poin 0,5.

“Adanya pembatasan jumlah siswa dalam satu rombel bagi SD/MI 28 peserta didik, SMP/MTS 30 siswa. Sekolah negeri tidak diperkenankan membuka kelas baru untuk memberikan kesempatan sekolah swasta,” tandasnya. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA