Take a fresh look at your lifestyle.

PPDB di Kota Tegal Terapkan Empat Seleksi Khusus

81

TEGAL – Berbeda dengan tahun sebelumnya, proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Tegal sedikit unik dengan menerapkan empat seleksi jalur atau kriteria khusus. Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal, Ismail Fahmi, Rabu (10/6).

“Meski masih ada pandemi, PPDB tetap dilaksanakan secara manual dan online untuk seluruh jenjang pendidikan. Untuk tahun ini ada yang berbeda, yakni penerapan seleksi empat jalur, seperti diantaranya jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afirmasi dan jalur perpindahan orang tua,” kata Fahmi.

Adapun untuk seleksi jalur zonasi sebesar 50 persen dari daya tampung sekolah, dengan dihitung dari jarak terdekat sekolah. Untuk jarak berdasarkan dengan RT memiliki lima poin, RW empat poin, Kelurahan tiga poin, Kecamatan dua poin dan luar Kecamatan satu poin.

Semakin dekat jarak tempat tinggal calon siswa dengan sekolah, maka dia akan lebih banyak diterima oleh sekolah. Kemudian, sambung Ilham, untuk jalur prestasi sebesar 30 persen dari daya tampung sekolah. Hal ini ditunjukan dengan nilai rapot dan prestasi kejuaraan.

“Berikutnya adalah jalur khusus bagi pemilik kartu Program Indonesia Pintar (PIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Jalur ini sebut jalu afirmasi yang memiliki besaran 15 persen dari daya tampung sekolah,” tukasnya.

Sedang untuk yang keempat, yakni jalur perpindahan orang tua sebesar 5 persen dari daya tampung sekolah. Jalur ini berlaku bagi peserta yang orang tuanya berpindah tempat kerja dan dibuktikan dengan surat.

Adapun untuk jumlah rombongan belajar (rombel) setiap kelas maksimal 30 siswa. Untuk itu, setiap sekolah tidak boleh menerima lebih dari 30 siswa setiap kelas. Sedang untuk pelaksanaan PPDB dibuka mulai 17 Juni hingga 24 Juni 2020 dan akan ditutup pada 24 Juni 2020 pukul 12.00 WIB.

“Calon siswa dan orang tua dapat mendaftar langsung melalui website resmi PPDB online. Kemudian pada 25 Juni 2020 dilakukan daftar ulang bagi siswa yang diterima. Untuk PPDB manual, dibuka pendaftarannya sejak 15 Juni hingga 29 Juni 2020,” tutupnya. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA